Google Voice Punya Label untuk Panggilan Spam

Ilustrasi spam.
Sumber :
  • Medium

VIVA Tekno – Google Voice mendapatkan fitur yang berguna bagi siapa saja yang lelah dibombardir dengan panggilan spam, menurut situs BGR, Minggu 1 Januari 2023.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Dalam posting blog, perusahaan mengumumkan bahwa Google Voice akan menampilkan label 'penelepon spam yang dicurigai' pada panggilan yang menurut mereka mungkin merupakan panggilan spam.

"Untuk membantu melindungi Anda dari panggilan yang tidak diinginkan dan penipuan yang berpotensi berbahaya, Google Voice menampilkan label "penelepon spam yang dicurigai" pada semua panggilan yang diyakini Google sebagai spam," tulis perusahaan.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Google membuat keputusan ini menggunakan kecerdasan buatan (AI atau artificial intelligence) canggih, sistem yang juga digunakan untuk mengidentifikasi miliaran panggilan spam setiap bulan di seluruh ekosistem panggilan Google. 

Ketika label "penelepon spam yang dicurigai" muncul pada panggilan masuk, pengguna dapat menandai panggilan tersebut sebagai spam atau tidak, membantu lebih meningkatkan kepintaran panggilan spam Google.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Ilustrasi penipuan menggunakan telepon.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Panggilan yang dicurigai sebagai spam yang telah dikonfirmasi pengguna akan menyebabkan panggilan di masa mendatang dari nomor tersebut langsung masuk ke pesan suara. Pun dengan entri riwayat panggilan, akan dimasukkan ke dalam folder spam.

Namun jika itu bukan spam, maka tandai panggilan sebagai bukan spam dan setelah itu label yang dicurigai sebagai spam tidak akan pernah ditampilkan lagi untuk nomor tersebut.

Adapun cara untuk mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke menu Setting > Security > Filter spam kemudian aktifkan. Saat sistem sudah berjalan, semua panggilan yang diidentifkasi sebagai spam otomatis dikirim ke pesan suara, dan entri panggilan dimasukkan ke dalam folder spam.

Google mengatakan bahwa fitur tersebut mulai diluncurkan pada 29 Desember dan dapat memakan waktu hingga dua minggu bagi semua pengguna untuk melihat fitur tersebut untuk mulai berfungsi di akun mereka. Ini tersedia untuk semua pengguna Google Voice.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya