Kekurangan Air Putih Bisa Percepat Kematian

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Digital – Kurang minum air putih bisa mempercepat kematian. Terdengar seram? Namun, memang itulah intisari dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Medis Lancet.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Ditemukan bahwa orang dewasa yang tidak cukup terhidrasi dapat menua lebih cepat dan bahkan memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian dini.

Para peneliti dari National Institutes of Health melakukan penelitian tersebut selama 25 tahun, menganalisis kunjungan medis lebih dari 11 ribu orang dewasa di AS dari usia 45 hingga 66 tahun dan kemudian kunjungan tindak lanjut mereka pada usia 70 hingga 90 tahun.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Minum air putih

Photo :
  • U-Report
Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

“Bukti yang muncul dari penelitian kami dan lainnya menunjukkan bahwa menambahkan hidrasi (minum air) yang baik secara konsisten ke pilihan gaya hidup sehat (lainnya) dapat memperlambat proses penuaan,” penulis utama studi tersebut, Natalia Dmitrieva, melansir NBC

Selama penelitian, para peneliti melacak hidrasi pada subjek dengan memantau berapa banyak natrium yang ditemukan dalam darah mereka, semakin tinggi kadar natrium, semakin sedikit peserta yang terhidrasi.

Analisis menunjukkan bahwa semua hidrasi 11 ribu peserta berada dalam kisaran normal, dengan konsentrasi natrium darah antara 135 hingga 146 milimol per liter.

Namun, orang-orang dengan tingkat yang lebih tinggi dari kisaran tersebut, lebih besar dari 144 milimol per liter, 50 persen lebih mungkin menunjukkan tanda-tanda penuaan fisiologis.

Itu termasuk penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah dan kadar gula yang melonjak bersamaan dengan tanda-tanda fisik seperti mata cekung, pipi dan kulit kering.

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

“Orang-orang yang natrium serum usia menengahnya melebihi 142 milimol per liter memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi lebih tua secara biologis,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Lalu, hal paling mengejutkan, itu juga meningkatkan hampir 20 persen dalam risiko kematian dini, saran studi tersebut.

Mereka menunjukkan orang yang tak cukup terhidrasi bertahun-tahun, kemungkinan lebih besar untuk mengembangkan penyakit fatal seperti gagal jantung, stroke, diabetes, demensia, dan penyakit paru-paru kronis.

"Risiko untuk mengembangkan penyakit ini meningkat seiring bertambahnya usia dan menumpuk kerusakan di berbagai jaringan dalam tubuh," kata Dmitrieva, yang juga peneliti senior di National Institutes of Health's Heart, Lung and Blood Institute.

Dalam penelitian sebelumnya, Dmitrieva menemukan bahwa dehidrasi dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • Pixabay

USDA merekomendasikan minum delapan hingga 10 gelas air per hari, tetapi studi tahun 2020 terhadap 2.000 orang dewasa AS menemukan bahwa hanya 20 persen orang yang memenuhi itu.

Seiring bertambahnya usia, respons haus melemah, membuat mereka cenderung tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air. Nah, ayo sayangi tubuh dengan selalu cukupi kebutuhan air minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya