Tirzepatide, Obat Diabetes yang Lebih Efektif Jadi Obat Penurun Berat Badan

Ilustrasi obat suntik diabetes
Sumber :
  • People

VIVA Digilife – Tirzepatide, obat baru yang dapat berdampak luas, dan penjualan miliaran, kemungkinan akan disetujui untuk menurunkan berat badan oleh Food and Drug Administration pada 2023. 

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Obat yang dibuat oleh perusahaan farmasi AS Eli Lilly ini telah disetujui oleh FDA untuk mengobati diabetes tipe 2. Namun, pada dosis yang lebih tinggi terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan makanan dan nafsu makan serta memperbaiki cara tubuh memecah gula dan lemak.

Sebuah uji klinis menemukan bahwa tirzepatide dosis tinggi membantu pasien kehilangan sekitar 52 pon, atau rata-rata 22,5% dari berat badan mereka. Tirzepatide, ketika disetujui oleh FDA, diperkirakan akan mencapai rekor penjualan $48 miliar, kata analis Bank of America Geoff Meacham melansir NBC News.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Sementara obat tersebut diperkirakan akan mendapatkan popularitas yang luar biasa untuk menurunkan berat badan, tidak mungkin kebanyakan orang dapat menerima obat resep, yang dikonsumsi dengan suntikan di paha, perut atau lengan, melalui perusahaan asuransi.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Dosis obat yang lebih rendah, yang digunakan untuk mengobati diabetes, ditanggung oleh sebagian besar perusahaan asuransi. Namun, cakupannya sangat minim untuk kasus di mana obat diresepkan untuk obesitas. Para peneliti memperkirakan bahwa tirzepatide dapat menelan biaya sekitar $13.000 per tahun, atau sekitar $1.100 per bulan. 

Tirzepatide adalah pengobatan diabetes terbaru yang telah dikenal dapat membantu menurunkan berat badan.

Baru-baru ini, obat Ozempic dan Wegovy (obat diabetes) menjadi trending di media sosial setelah pengguna TikTok berspekulasi bahwa sejumlah selebritas telah menggunakan obat untuk menurunkan berat badan, meskipun mereka tidak menderita diabetes atau obesitas klinis.

Namun, Dr. Caroline Apovian, wakil direktur Pusat Manajemen Berat Badan dan Kesehatan di Brigham and Women's Hospital di Boston, memperingatkan bahwa penggunaan obat-obatan ini hanya untuk menurunkan berat badan menyebabkan berkurangnya ketersediaan pasien diabetes yang "kurang terlayani" yang nyawanya terancam, berisiko kehabisan obat-obatan.

Ilustrasi obat suntik diabetes

Photo :
  • People

Ozempic dan Wegovy sama-sama terdaftar sebagai produk "kurang" di situs web FDA. Novo Nordisk mengatakan dalam sebuah rilis bahwa kekurangan tersebut disebabkan oleh peningkatan permintaan baru-baru ini, serta masalah rantai pasokan.

"Tren Hollywood memprihatinkan," kata Apovian baru-baru ini kepada People. "Kita tidak berbicara tentang bintang yang perlu menurunkan berat badan. Kita berbicara tentang orang yang sekarat karena obesitas, akan mati karena obesitas."

"Kamu mengambil dari pasien diabetes," lanjutnya. "Kami memiliki obat penyelamat nyawa dan masyarakat Amerika Serikat yang benar-benar membutuhkan obat ini tidak bisa mendapatkannya karena digunakan untuk diet."

Produk ini diyakini akan mendunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya