Elon Musk Pangkas Pengeluaran Twitter

Kantor Twitter.
Sumber :
  • NBC News

VIVA Tekno – Elon Musk mencoba untuk memangkas biaya di Twitter serendah mungkin bersamaan dengan kekayaan pribadinya yang terus-terusan menyusut. Laporan ini tampaknya juga termasuk pada pembayaran sewa untuk kantor.

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Media sosial burung biru itu berutang US$136.260 (Rp2,1 miliar) untuk sewa kantor lantai 30 di sebuah gedung di pusat kota San Francisco, menurut gugatan yang diajukan oleh pemilik gedung minggu lalu.

Pemilik 650 California St. memberikan pemberitahuan kepada perusahaan tersebut pada 16 Desember bahwa Twitter akan dianggap lalai jika tidak membayar dalam waktu lima hari. Namun waktu tersebut berlalu tanpa pembayaran, menurut gugatan.

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Pemiliknya, Columbia REIT 650 California LLC mencari ganti rugi serta biaya pengacara dan biaya lainnya, melansir dari situs The Star, Senin, 9 Januari 2023.

Twitter menandatangani kontrak sewa tujuh tahun untuk kantor tersebut pada tahun 2017. Sewa bulanannya US$107.526,50 (Rp1,6 miliar) pada tahun pertama dan meningkat secara bertahap menjadi US$128.397 (Rp2 miliar) per bulan pada tahun ketujuh.

Heboh Isu Ustaz Hanan Attaki Poligami, Netizen Ngaku Shock

Elon Musk.

Photo :
  • Getty Image

"Perusahaan ini diibaratkan seperti Anda berada di pesawat yang menuju ke tanah dengan kecepatan tinggi dengan mesin menyala dan kontrolnya tidak berfungsi," kata Musk pada 21 Desember 2022.

Kantor pusat perusahaan yang berlokasi di alamat lain di San Francisco, 1355 Market St., juga dilaporkan belum membayar sewa, menurut The New York Times.

Selain tidak membayar sewa dan memberhentikan pekerja, Pendiri SpaceX dan Tesla itu juga melelang perabot kantor kelas atas, peralatan dapur, dan peninggalan lainnya dari masa lalu ketika Twitter memiliki lebih dari 7.500 pekerja penuh waktu di seluruh dunia, serta makan siang gratis dan lainnya.

Sekitar tiga perempat basis karyawan Twitter diperkirakan telah meninggalkan perusahaan, baik karena diberhentikan, dipecat, atau berhenti.

Barang-barang yang dilelang Twitter di antaranya seperti oven pizza, mixer, lantai dapur komersial, furnitur desainer kelas atas seperti kursi Eames dari Herman Miller dan Knoll Diamond yang dijual eceran dalam jumlah ribuan.

Bahkan patung burung Twitter dilelang mulai dari US$25 atau Rp389 ribu dan layar neon burung Twitter mulai dari US$50 atau Rp779 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya