Standar Kecantikan yang Tidak Sehat Ada di Media Sosial

Ilustrasi selfie.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Para peneliti dari Moscow State University of Psychology and Education (MSUPE) telah meninjau studi dan mengidentifikasi mekanisme yang mempromosikan idealisasi daya tarik eksternal yang tidak sehat dalam masyarakat.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Dunia modern menanamkan daya tarik fisik dengan sangat penting. Cita-cita kecantikan dicirikan oleh batasan-batasan yang kaku dan membutuhkan usaha keras untuk mencapainya, menurut situs Sputnik News, Kamis, 12 Januari 2023.

Dalam hal ini, ada kecenderungan yang meluas untuk tidak puas dengan tubuh sendiri selama 30 tahun terakhir, terutama di kalangan anak perempuan dan remaja putri, menurut kesimpulan para ahli dari Universitas Psikologi dan Pendidikan Negeri Moskow (MSUPE).

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Ilmuwan telah meninjau penelitian sebelumnya tentang faktor sosial dan psikologis dari idealisasi tubuh. Hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi mekanisme dan alat utama yang mempromosikan idealisasi daya tarik eksternal yang tidak sehat dalam masyarakat. Hasil penelitian mereka dipublikasikan di Psychological Journal.

“Kontribusi yang signifikan terhadap ketidakpuasan tubuh dibuat oleh sikap terhadap jenis kecantikan wanita tertentu, tubuh yang menarik secara seksual. Tubuh ini ada untuk kesenangan orang lain, dan nilainya secara langsung bergantung pada daya tarik fisik,” kata Natalia Polskaya dari Universitas Psikologi Negeri Moskow & Pendidikan.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Pola pikir ini disebut objektifikasi. Pada anak perempuan yang jatuh di bawah pengaruhnya sejak dini, hal itu dapat berubah menjadi objektifikasi diri atau kecenderungan untuk mengidentifikasi kepribadian mereka dengan tubuh dan memantau daya tarik fisik dengan mengorbankan sensasi internal dan indikator kesehatan yang objektif. 

Menurut para ahli, objektifikasi diri di media sosial adalah dasar dari perilaku yang berfokus pada penampilan, dengan konten yang didedikasikan untuk tubuh dan penampilan, menyebar dengan cepat dan menjadi panutan.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa melihat, mentransfer, dan memposting foto, video, dan teks di jejaring sosial ternyata menjadi alat untuk menciptakan standar terbaru dari tubuh ideal. 

Paling sering, gambar dengan tagar "#thinspiration" (inspirasi kurus, memotivasi ketipisan) dan "#fitspiration" (inspirasi kebugaran, memotivasi atletis ) berfungsi sebagai cita-cita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh alami adalah tubuh yang harus ditaklukkan, dan penderitaan (dari olahraga berlebihan atau diet ketat) diromantisasi sebagai bagian dari bekerja pada diri sendiri, sementara tanda-tanda alami tubuh diabaikan.

“Mungkin alat utama idealisasi tubuh adalah selfie. Mengambil dan memposting foto selfie memungkinkan pengguna menjelajahi dan mengontrol identitas kita secara online, serta mendapatkan umpan balik positif dari orang lain melalui komentar. Gambar asli sering kali diproses (diperbaiki),” kata Polskaya.

Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan WhatsApp.

Photo :
  • metro.co.uk

Menurut penulis studi tersebut, pembuatan potret diri yang ideal adalah semacam tindakan "menciptakan kembali" diri sendiri sebagai orang yang secara fisik lebih menarik, lebih sukses secara sosial, dan lebih puas secara psikologis. 

Namun di dunia nyata, sikap terhadap diri sendiri dan tubuh sendiri semakin memburuk karena kesadaran akan tidak tercapainya cita-cita yang diciptakan.

Para peneliti mencatat bahwa hal ini mengarah pada berbagai masalah yang terkait dengan ketidakpuasan tubuh, termasuk peningkatan kecemasan dan sensitivitas penolakan berbasis penampilan, ketakutan terhadap evaluasi penampilan negatif oleh orang lain, dan rasa malu pada tubuh.

Berdasarkan ulasan mereka, para peneliti MSUPE mengusulkan dua pendekatan intervensi psikologis untuk mencegah objektifikasi diri dan praktik idealisasi tubuh yang tidak sehat.

Pendekatan pertama berkaitan dengan pengembangan teknik psikologis untuk memisahkan manifestasi pribadi objektifikasi diri tubuh dari keinginan yang sehat untuk terlihat menarik secara fisik dan disukai oleh orang lain.

Pendekatan kedua menyangkut pengenalan program psiko-edukasi, termasuk literasi media, bekerja dengan kelompok berisiko (misalnya gadis remaja) dan komunitas online, yang ditujukan untuk membangun kesadaran akan perbedaan antara sifat manusia dan pandangan seksual, objektifikasi diri. tubuh seseorang sebagai sesuatu yang nilai dan fungsinya ditentukan oleh orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya