7 Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Ilustrasi buah dan sayur di dalam kulkas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Digital – Kulkas bisa dibilang salah satu penemuan terbesar yang pernah ada. Produk ini menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan makanan dan minuman.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Lemari pendingin bagus untuk mengawetkan sisa makanan dan produk olahan susu. Namun ada beberapa makanan yang malah menjadi rusak jika disimpan pada suhu dingin, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Jika berada di dalam kulkas, beberapa nutrisi bisa menguap, memecah antioksidan, serta menghentikan proses pematangan. Buah apa saja tidak boleh disimpan di kulkas? Berikut daftarnya seperti yang dilansir dari eatthis.com.

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Segala jenis jeruk

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

jeruk

Photo :
  • Times of India

Buah dengan jenis jeruk seperti lemon dan limau adalah makanan yang tak perlu disimpan di kulkas. Buah berair ini paling baik dibiarkan dalam keranjang buah di atas meja.

Jika kamu tidak sempat makan jeruk selama beberapa pekan, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik.

Kemangi

Ilustrasi daun kemangi.

Photo :
  • U-Report

Kemangi tumbuh baik di jendela yang disinari cahaya matahari, jadi mengapa harus disimpan di lemari es?

Setelah memangkas ujungnya, simpan tanaman beraroma ini di dalam gelas atau toples berisi air tawar di mana ia akan tumbuh subur hingga siap dikonsumsi.

Melon

melon

Photo :
  • U-Report

Melon kaya dengan antioksidan seperti vitamin C, zeaxanthin, lycopene, dan beta-katoren berfungsi menetralkan radikal bebas perusak sel.

Untuk menjaga nutri pelindung kesehatan ini, simpan melon utuh di meja dapur. Udara dingin akan memecah antioksidan halusnya.

Buah berbiji

Biji aprikot.

Photo :
  • U-Report

Biarkan buah berbiji seperti persik, aprikot, dan plum matang pada suhu kamar. Setelah lunak dan matang, kamu bisa menyimpannya di kulkas hingga kira-kira tiga hari.

Paprika

Paprika.

Photo :
  • U-Report

Ternyata paprika berhenti matang setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Jika kamu suka paprika yang rasanya lebih manis, jauhkan dari suhu dingin. Sebagai gantinya, simpan paprika di tempat sejuk dan berventilasi baik.

Buah tropis

Buah nanas

Photo :
  • U-Report

Ada alasan mengapa buah tropis macam kiwi, mangga, dan nanas tumbuh di iklim hangat. Mereka benci dingin.

Jika kamu tidak sempat memakan buah-buahan tersebut dalam dua atau tiga hari, potong-potong, masukkan ke wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam freezer.

Acar

Ilustrasi acar

Photo :
  • Pixabay/WDnet

Air yang mengandung natrium di acar bertindak sebagai pengawet alami. Maka dari itu, acar baik-baik saja disimpan di luar lemari es.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya