Ini Cara Sederhana Tetap Sehat Saat Kebanyakan Duduk Ketika Bekerja

ilustrasi bekerja
Sumber :
  • freepik/Drazen Zigic

VIVA Digilife – Konsekuensi buruk dari duduk terlalu lama telah dijelaskan selama bertahun-tahun, tetapi sebuah studi baru-baru ini menemukan cara sederhana untuk memerangi dampak negatif dari duduk pada kesehatan seseorang.

Belum Paham Alasan Meninggal, Anak Stevie Agnecya: Emang Mami Udah Tua?

Hanya lima menit berjalan ringan setiap setengah jam sekali, telah ditemukan untuk mengimbangi beberapa peningkatan risiko yang datang dengan duduk dalam waktu lama, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal American College of Sports Medicine.

"Kami telah mengetahui mungkin sekitar satu dekade sekarang bahwa duduk meningkatkan risiko Anda untuk sebagian besar penyakit kronis dan meningkatkan risiko kematian dini,” kata Keith Diaz, penulis utama studi dan asisten profesor kedokteran perilaku di Columbia University Medical Center, dalam sebuah jumpa pers, melansir New York Post

Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

Ilustrasi wanita duduk bekerja di depan laptop.

Photo :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

"Sama seperti berapa banyak buah dan sayuran yang harus mereka makan dan berapa banyak olahraga yang harus mereka lakukan, kita perlu memberi (orang) panduan khusus tentang cara memerangi bahaya duduk." jelasnya. 

MK Siapkan Kursi untuk Anies, Prabowo dan Ganjar di Sidang Sengketa Pilpres

Diaz dan timnya menginstruksikan 11 peserta untuk duduk di kursi ergonomis selama delapan jam dan istirahat berjalan secara teratur. Para peserta dipandu untuk berjalan selama satu menit setiap 30 menit, satu menit setiap 60 menit, lima menit setiap 30 menit, lima menit setiap 60 menit atau tidak sama sekali.

Setelah percobaan selesai, para peneliti menemukan bahwa berjalan selama lima menit dengan kecepatan paling lambat 1,9 mil per jam setiap 30 menit sekali menawarkan manfaat kesehatan terbaik, terutama membantu mengatur gula dan tekanan darah.

Penelitian menyimpulkan bahwa mengikuti rezim berjalan mengurangi lonjakan gula darah hingga 60% dan tekanan darah melonjak sekitar empat hingga lima mmHg dibandingkan mereka yang duduk sepanjang hari.

Ilustrasi berjalan

Photo :
  • Istimewa

“Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang Anda harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan,” ujar Diaz.

Perlu juga dicatat bahwa semua peserta dalam penelitian ini umumnya adalah orang dewasa yang sehat, artinya mereka yang memiliki kondisi kronis dapat melihat manfaat yang lebih besar.

Meskipun tidak sepenuhnya dipahami mengapa duduk terlalu lama itu tidak sehat, Diaz menjelaskan bahwa diam membatasi otot Anda untuk berkontraksi dan bekerja secara optimal yang membantu mengatur hal-hal seperti gula darah dan kadar kolesterol.

“Yang kami tahu sekarang adalah untuk kesehatan yang optimal, Anda perlu bergerak secara teratur di tempat kerja, selain rutinitas olahraga sehari-hari,” kata Diaz. “Duduk adalah bahaya pekerjaan dan karyawan yang sehat adalah karyawan yang lebih produktif.” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya