Kumpulan Rekor yang Dibuat Teleskop Sapu Jagat JWST

James Webb Space Telescope (JWST).
  • European Space Agency

VIVA Tekno – Sejak diluncurkan pada Desember 2021, James Webb Space Telescope (JWST) telah memecahkan rekor. Baru-baru ini teleskop itu menemukan planet pertamanya dengan perkiraan diameter yang 99 persen setara dengan Bumi.

Hujan Amaterasu: Fenomena Misterius yang Membingungkan Para Astronom

Pengamatan dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA mengisyaratkan bahwa planet itu ada di sana. Citra dari Near-Infrared Spectrograph (NIRSpec) yang ada di atas JWST kemudian telah mengonfirmasinya.

Terlepas dari kesamaan ukuran, planet ini dianggap jauh lebih panas daripada Bumi yang mengitari bintang kerdil merah cukup dekat untuk menyelesaikan orbit hanya dalam dua hari.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Objek yang baru ditemukan ini terletak 41 tahun cahaya di konstelasi Octans, dan diberi nama LHS 475 b. Seperti planet ekstrasurya lainnya, exoplanet teridentidikasi ketika melihat bayangan yang tercipta saat melintas di depan bintangnya.

Diolah dari berbagai sumber, pada Minggu 15 Januari 2023, selain planet seukuran Bumi, rekor yang pernah ditemukan JWST antara lain:

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Galaksi Spiral

NGC 7496 Hasil Tangkapan JWST

• Flickr.com/ Judy Schmidt

Pada Mei 2022, teleskop menangkap gambar dari Phantom Galaxy yang berjarak hampir satu juta mil jauhnya dari planet kita menggunakan instrumen inframerah-tengah observatorium (MIRI) milik JWST. Gambar ini menyoroti jalur debu di galaksi, yang dikenal sebagai NGC 628 atau Messier 74.

Gambar kedua adalah NGC 7496 yang terletak hanya 24 juta tahun cahaya, dikenal juga sebagai galaksi spiral berpalang, dengan lengan spiral yang berbentuk memanjang dari batang berbeda yang melintasi pusat galaksi.

Semesta tersembunyi

Gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

• NASA, ESA, CSA, and STScI)

Nebula Carina merupakan nebula paling terang dan terbesar di langit yang berjarak 7.600 tahun cahaya dari Bumi. Membentang lebih dari 300 tahun cahaya, di sana menjadi tempat bintang-bintang terbentuk dan mati.

Berikutnya adalah nebula Southern Ring. Di sebelah kiri adalah pemandangan dari instrumen NIRCam JWST, menunjukkan nebula dalam cahaya Near-Infrared Camera (NIRCam).

Sedangkan di sebelah kanan adalah pemandangan dari instrumen Mid-Infrared Instrument (MIRI) yang mengungkapkan cahaya NIRCam. Pandangan MIRI menampilkan kedua bintang di jantung nebula.

Bukti kehidupan di planet asing

Ilustrasi Eksoplanet.

• U-Report

JWST menemukan bukti pertama karbon dioksida di atmosfer sebuah planet ekstrasurya jauh di luar Tata Surya yang mengorbit bintang 700 tahun cahaya pada Agustus tahun lalu.

WASP-39 b adalah raksasa gas panas dengan massa kira-kira seperempat massa Jupiter (hampir sama dengan Saturnus) dan diameter 1,3 kali lebih besar dari Jupiter. Bengkaknya yang ekstrem sebagian terkait dengan suhunya yang tinggi (sekitar 1.600 derajat Fahrenheit atau 900 derajat Celcius)

Aurora Jupiter

Aurora Jupiter Tangkapan JWST.

• Dok. NASA

Selain galaksi yang jauh, ini juga melakukan pengamatan di Tata Surya kita. JWST menangkap gambar aurora saat memotret planet Jupiter. Lebih dalam, JWST selaku penerus teleskop Hubble ini juga menemukan berbagai kondisi alam di Jupiter, mulai dari badai raksasa, angin yang kuat, temperatur ekstrem, serta tekanan tinggi.

Supernova

Supernova Pertama hasil temuan Teleskop James Webb (JWST).

• BGR.com

Teleskop raksasa itu telah melihat supernova pertamanya yang didasarkan pada kecerahan objek. Adapun objek ini jauh lebih terang daripada bagian galaksi lainnya dan ketika JWST mengamati galaksi dengan jarak lima hari, objek itu sedikit meredup yang sejalan dengan perilaku supernova.