Mengapa Aliran Petir Bentuknya Kelak-kelok?

Ilustrasi petir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Petir dapat menerangi langit dalam kilatan terang dan mengambil berbagai bentuk. Tapi, pada umumnya, yang kita ketahui bahwa aliran petir bentuknya kelak-kelok atau zigzag. Namun, apa yang membuat petir memiliki bentuk zigzag?

5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut, Muntahkan Lava dan Petir

"Kita tahu tentang banyak hal di Bumi, tapi masih ada misteri besar tentang petir biasa," ujar John Lowke, seorang fisikawan di University of South Australia dan penulis utama studi yang menyelidiki pola petir.

Dalam studi yang diterbitkan pada Desember 2022 di Journal of Physics D: Fisika Terapan, Lowke dan rekannya berpendapat bahwa karakteristik pola petir zigzag disebabkan oleh bentuk oksigen yang berkonduktivitas tinggi yang menumpuk secara tidak teratur saat petir bergerak menuju tanah, terkadang dalam jarak yang sangat jauh.

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

Foto petir yang sangat cepat menunjukkan bahwa sambaran petir didahului oleh 'kepala' udara terionisasi (bermuatan listrik) yang keluar dari dasar awan petir. Dalam kebanyakan kasus, kepala ini terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang.

Kepala ini bukan sambaran petir terakhir yang membentuk pola zigzag, menurutnya yang dikutip dari situs Live Science, Selasa, 17 Januari 2023.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Udara biasanya bertindak sebagai penyekat, tetapi kepala menciptakan daerah dengan konsentrasi tinggi dari bentuk khusus oksigen konduksi tinggi yang disebut 'oksigen delta singlet' yaitu molekul oksigen dengan keadaan energi yang lebih rendah dari normal.

Ilustrasi petir

Photo :
  • U-Report

Setiap zig (atau zag) dari kepala – yang panjangnya sekitar 165 kaki (50 meter) – disebabkan oleh pelepasan muatan listrik di wilayah seperti itu.

Medan magnet yang kuat dari langkah terakhir hampir secara instan menciptakan molekul oksigen delta singlet tambahan dari molekul oksigen biasa di atmosfer, dan konsentrasi oksigen yang sangat konduktif ini dapat bercabang ke segala arah dari tempat berakhirnya langkah tersebut.

Pelepasan terdepan melintasi langkah berturut-turut dalam waktu sekitar sepersejuta detik, masing-masing diikuti oleh periode gelap singkat di mana foto-foto tidak menunjukkan pelepasan yang terlihat dan akhirnya menyentuh tanah atau benda tinggi yang terhubung dengannya.

Tabrakan itu menghasilkan serangan balik petir yang terlihat dan sangat keras selama sekitar seperseribu detik, berjalan kembali di sepanjang jalur zigzag dari oksigen singlet delta berkonduksi tinggi. Kepala lainnya kehilangan kendali pada saat ini dan menghilang. 

Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana petir bekerja dapat membantu struktur dan orang bertahan dari badai. Misalnya dengan menginformasikan penempatan penangkal petir pada objek tinggi seperti gedung, tiang radio, dan superstruktur kapal.

Di antara pertanyaan yang tersisa tentang petir adalah penyebab dari adanya peristiwa ini. Meskipun para ilmuwan berasumsi bahwa petir adalah listrik statis yang diciptakan oleh gerakan partikel es di awan petir, itu masih tidak diketahui secara pasti.

"Ini merupakan topik yang sangat menarik. Misteri-misteri itu belum diketahui dan tidak diketahui oleh masyarakat umum," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya