Kubis yang Ditanam dengan Pupuk Kotoran Manusia, Aman Dikonsumsi

Pupuk kompos.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Kubis yang ditanam pada kompos kotoran manusia aman untuk dimakan, menurut penelitian baru. Studi ini bisa mengubah permainan, karena meskipun saat ini pupuk yang sudah ada baik-baik saja, namun untuk mengatasi krisis iklim, hilangnya keanekaragaman hayati dan polusi, menyebabkan umat manusia perlu beralih ke keberadaan yang lebih dapat didaur ulang.

Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 3 Miliar Gelar Safari Ramadhan 2024 di Bontang

Inilah sebabnya para ilmuwan mempertanyakan mengapa pupuk yang kaya akan nutrisi dibuang manusia ke lautan dan tempat pembuangan sampah, padahal bisa dengan mudah dimasukkan kembali ke dalam tanah.

Pengomposan daripada pembilasan akan menurunkan penggunaan air juga mengurangi kebutuhan akan pupuk sintetis yang dapat menghanyutkan ladang ke sungai dan danau serta membutuhkan bahan bakar fosil untuk membuatnya. 

Mudik Gratis BUMN, PKT Fasilitasi Ratusan Pemudik Rute Bontang ke Samarinda hingga Banjarmasin

Salah satu cara pembuatannya dikenal sebagai proses Haber-Bosch, menghasilkan sekitar 1,8 persen emisi CO2 global, menurut laman Daily Mail, Selasa, 17 Januari 2023.

Jadi pupuk manusia pasti bermanfaat selama tidak ada risiko mikroba berbahaya atau  jejak dari obat-obatan pada tanaman, menurut studi yang dilakukan Universitas Hohenheim, Stuttgart.

Rapat Bareng DPR, Pupuk Indonesia Laporkan Laba Rp 6,25 Triliun di Tahun 2023

"Di sini kami menemukan bahwa produk yang berasal dari daur ulang urin dan feses manusia adalah pupuk nitrogen yang layak dan aman untuk budidaya kubis," kata penulis studi Franziska Hafner.

Pupuk kompos

Photo :
  • pixabay

Pupuk dari nitrifikasi urin manusia memberikan hasil yang sama dengan produk pupuk konvensional, dan tidak menunjukkan risiko terkait penularan patogen atau obat-obatan.

"Penggunaan gabungan dari pupuk urin nitrifikasi dan kompos tinja menyebabkan hasil panen sedikit lebih rendah, tetapi dapat meningkatkan kandungan karbon tanah dalam jangka panjang, mendorong produksi pangan yang tahan iklim," jelasnya.

Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman terdapat dalam urin dan feses manusia, dengan nitrogen dan kalium dalam urin –bersama dengan sejumlah kecil logam seperti boron, seng, dan besi– dan fosfor, kalsium, magnesium, dan karbon organik dalam kotoran. 

Untuk studi mereka, mahasiswa Hafner dan rekan-rekannya membandingkan hasil panen kubis putih yang ditanam antara Juni-Oktober 2019 di Institut Sayuran dan Tanaman Hias Leibniz.

Tanah diperkaya dengan empat pupuk daur ulang, diterapkan secara bertahap selama musim tanam, dengan vinasse organik yang tersedia secara komersial, digunakan sebagai patokan untuk membandingkan urin dan feses manusia.

Ini juga diuji dengan 'pupuk urin nitrifikasi' (NUF), produk modern yang disintesis dari urin manusia, telah dikumpulkan secara terpisah dari feses di mana senyawa pembawa nitrogen diubah oleh mikroba menjadi amonium dan nitrat yang berharga. 

Terakhir, kompos feses yang didaur ulang dari toilet kering digunakan, baik dengan maupun tanpa campuran NUF.

Hasil yang dapat dipasarkan, didefinisikan sebagai bagian kubis yang dapat dijual, berkisar antara 35 hingga 72 metrik ton per hektar. Itu tertinggi untuk tanaman yang dipupuk oleh NUF dan vinasse, dan terendah untuk plot yang dipupuk oleh kompos feses.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya