Banyak Pernikahan Antar Sepupu Kandung di Zaman Yunani Kuno

Ilustrasi zaman Yunani Kuno.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Digital – Sebuah studi DNA baru mengungkapkan bahwa beberapa daerah di Yunani kuno, mendorong warganya untuk menikahi sepupu pertama atau sepupu kandung mereka sendiri, menurut Max Planck dari Institute for Evolutionary Anthropology.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Institut yang berbasis di Jerman tersebut menganalisis 102 genom manusia yang berbeda dari Zaman Perunggu Yunani, dan mengetahui bahwa Minoan Crete dan Mycenaean Greece termasuk di antara praktisi perkawinan sepupu teratas.

Tim tersebut mengatakan bahwa penemuan tersebut memberi mereka "wawasan menarik" ke dalam struktur sosial peradaban Yunani kuno.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Dengan menggunakan materi genetik dari orang-orang yang terkubur berdekatan satu sama lain, tim tersebut mampu merekonstruksi garis besar pohon keluarga.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Ilustrasi Yunani Kuno

Photo :
  • New York Post

Menurut penelitian mereka, lebih dari separuh penduduk Kreta kuno menikah dengan sepupu mereka, sementara hanya sepertiga penduduk desa di daratan yang mengikutinya.

Rekan penulis studi, Philipp Stockhammer dan Eirini Skourtanioti percaya bahwa serikat pekerja yang akrab didorong secara ekonomi. 

"Mungkinkah ini adalah cara untuk mencegah tanah pertanian yang diwariskan tidak terbagi? Bagaimanapun, itu menjamin kesinambungan keluarga di satu tempat, yang merupakan prasyarat penting untuk budidaya zaitun dan anggur, misalnya," kata Stockhammer, seorang profesor arkeologi, dalam sebuah pernyataan, melansir New York Post.

“Lebih dari seribu genom kuno dari berbagai wilayah di dunia kini telah dipublikasikan, tetapi tampaknya sistem pernikahan kerabat yang ketat seperti itu tidak ada di tempat lain di dunia kuno,” tambah Skourtanioti, yang melakukan analisis. “Ini benar-benar mengejutkan kami semua dan menimbulkan banyak pertanyaan.”

Silsilah keluarga di jaman Yunani Kuno

Photo :
  • New York Post

Berbeda dengan Zaman Perunggu Eropa, di mana wanita sering melakukan perjalanan ratusan mil untuk menikah, Stockhammer mencatat bahwa hanya ada sedikit ruang di Yunani untuk memindahkan atau menumbuhkan sesuatu.

Tanaman umum di wilayah tersebut, seperti anggur dan minyak zaitun, dapat memakan waktu puluhan tahun untuk berhasil dibudidayakan.

Dengan demikian pernikahan antara anggota keluarga akan memastikan tanah tersebut dipertahankan dengan keturunan di masa depan.

Stockhammer mengatakan bahwa data baru akan memaksa sejarawan untuk memikirkan kembali organisasi sosial pada periode dan masyarakat.

“Ini adalah masyarakat di mana kami telah menulis catatan tentang administrasi orang-orang di istana istana, tetapi sekarang kami dapat mengatakan sesuatu tentang orang biasa,” kata Stockhammer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya