Donald Trump Akhirnya Ngaku Butuh Facebook

Mantan Presiden AS Donald Trump mau nyapres lagi di 2024.
Sumber :
  • NME

VIVA Tekno – Donald Trump telah mengajukan petisi kepada Meta untuk memulihkan aksesnya ke media sosial Facebook, karena ia dilaporkan akan mengalihkan kampanye kepresidenan pada 2024 ke "tingkat yang lebih tinggi".

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu dilarang aktif di Facebook lebih dari dua tahun lalu setelah para pengikutnya menyerang Gedung Capitol dalam upaya yang gagal untuk menghentikan sertifikasi kemenangan Joe Biden dalam Pilpres 2020.

Dalam sebuah surat kepada Meta yang dilansir melalui NBC News, penasihat Trump berpendapat bahwa larangan tersebut "secara dramatis mendistorsi dan menghambat wacana publik" dan harus dibatalkan.

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Meta mengatakan akan "mengumumkan keputusan dalam beberapa minggu mendatang".

Putusan mereka berasal dari tenggat waktu yang mereka tentukan. Sementara larangan Trump awalnya tidak terbatas, perusahaan Meta kemudian berjanji untuk meninjau kembali akunnya pada Januari 2023, dua tahun setelah penangguhan dimulai. Perusahaan itu dilaporkan telah membentuk kelompok kerja internal, mengumpulkan tokoh-tokoh senior di seluruh organisasi, untuk memperdebatkan keputusan akhir.

Alvin Lim Kecam Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat dan Salat

Meta (Facebook).

Photo :
  • The Guardian

Facebook dan Twitter melarang Trump sehari setelah serangan 6 Januari, yang dikaitkan dengan sembilan kematian termasuk bunuh diri di kalangan penegak hukum. Trump menggunakan akun Twitter-nya untuk mendorong para pendukungnya berkumpul di dekat Capitol. Dalam pidatonya sebelum penyerangan, dia mendesak para pendukungnya untuk "bertarung sekuat tenaga". Dia kemudian menggunakan Twitter untuk mengkritik wakil presidennya, Mike Pence, karena tidak menghentikan sertifikasi saat serangan sedang berlangsung.

Sebuah komite kongres merekomendasikan agar Trump didakwa secara pidana sehubungan dengan serangan itu, bertanggung jawab atas nasib ratusan pendukungnya.

Twitter mencabut larangannya terhadap Trump setelah Elon Musk membeli platform tersebut tahun lalu. Tetapi sejak saat itu Trump tidak men-tweet, memilih untuk tetap menggunakan layanan media sosial saingannya sendiri, Truth Social.

Akun Trump di Facebook dan Twitter masing-masing memiliki 34 juta dan hampir 88 juta pengikut. Di Truth Social, dia memiliki kurang dari 5 juta pengikut. Trump menggunakan Twitter dan Facebook secara ekstensif ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016 dan sepanjang masa jabatannya.

Mantan Presiden Donald Trump saat berkampanye untuk calon senator Ohio JD Vance

Photo :
  • AP Photo/Michael Conroy

Sempat dituduh atas serangan Capitol tetapi dibebaskan, Trump mengumumkan pencalonannya kembali sebagai Calon Presiden AS pada tahun 2024 pada pertengahan November lalu. Dengan melakukan itu, dia berusaha untuk memuji Partai Republik yang memenangkan kembali DPR AS dalam pemilihan paruh waktu, meskipun mayoritas mereka jauh lebih sempit dari yang diharapkan dan banyak kandidat yang didukung Trump mengalami kekalahan. 

Larangan Trump di media sosial memicu perdebatan sengit, dengan Partai Republik mencemooh langkah itu sebagai sensor teknologi besar, sementara yang lain mengatakan itu terlalu terlambat. Para ahli mengatakan bahwa taruhan untuk kemungkinan kembalinya dia ke Facebook termasuk tinggi, mengingat retorika ekstremis dan kecenderungannya untuk menyebarkan informasi yang salah semakin meningkat sejak dia meninggalkan jabatannya dari Presiden AS. 

"Perilaku dan bahasa Trump menjadi jauh lebih buruk dan lebih ekstrem sejak dia pertama kali diskors dari platform Facebook," kata James Steyer, pendiri dan kepala eksekutif organisasi keamanan online, Common Sense Media. “Mengizinkan dia untuk kembali sekarang akan menjadi penghinaan serius terhadap demokrasi kita dan standar Meta yang dinyatakan secara publik. Larangan itu harus dibuat permanen.” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya