Alien akan Mengubah Dunia yang Ekstrem Menjadi Surga

Manusia bertemu alien. Mungkinkah?
Sumber :
  • SoundCloud

VIVA Tekno – Begitu ada kehidupan di sebuah planet, itu mungkin akan memiliki kekuatan untuk mengubah dunia tersebut, memaksa kita untuk memperluas definisi tentang planet 'layak huni', bunyi masukan dari penelitian baru.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Saat ini kita tidak benar-benar tahu di mana kehidupan akan muncul. Hanya ada satu contoh planet yang menampung kehidupan, yakni Bumi yang mulai menjadi menarik beberapa ratus juta tahun setelah terbentuk. 

Kehidupan di Bumi membutuhkan seperangkat elemen tertentu untuk melakukan rantai produksi energi yang kompleks di mana dunia manusia ini membutuhkan air cair sebagai solusinya dan dapat memberi kehidupan dalam kisaran suhu dan tekanan atmosfer yang relatif sempit.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Dalam pencarian untuk kehidupan di luar Bumi, para astronom umumnya berfokus pada area yang disebut zona layak huni, pita orbit di sekitar bintang di mana air cair berpotensi ada di permukaan planet. 

Jika sebuah planet lebih dekat ke bintang, air akan menguap dari panasnya. Tapi jika lebih jauh dari bintang, air akan membeku menjadi es. Tak satu pun dari kondisi itu baik untuk kehidupan seperti yang kita kenal.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Alien.

Photo :
  • Space.com

Tapi zona layak huni hanyalah panduan kasar, bukan jaminan. Mars dan Venus berada dalam zona layak huni Matahari, namun planet-planet itu tidak berpenghuni. 

Di sisi lain, penelitian baru yang diterbitkan ke server pracetak arXiv.org menunjukkan bahwa definisi saat ini tentang zona layak huni mungkin terlalu sempit karena tidak memasukkan bagaimana kehidupan memengaruhi dunia.

Bumi akan sangat berbeda jika bukan untuk kehidupan. Contoh klasiknya adalah jumlah oksigen yang melimpah di atmosfer planet. Oksigen adalah unsur yang sangat umum di seluruh kosmos, dan Bumi lahir dengan kandungan yang sangat banyak. 

Tetapi sebagian besar oksigen itu terikat dalam bentuk silikon dioksida atau batuan. Gas oksigen tidak dapat bertahan lama di atmosfer karena radiasi ultraviolet dari matahari memecahnya.

Tetapi proses fotosintesis melepaskan gas oksigen sebagai produk sampingan. Nyatanya, kehidupan awal menghasilkan begitu banyak oksigen sehingga hampir meracuni dirinya sendiri dalam peristiwa yang dikenal sebagai Peristiwa Oksidasi Hebat. Butuh evolusi makhluk yang menghirup oksigen untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem.

Alien mengintip Bumi.

Photo :
  • The Mirror

Garis pemikiran ini dapat diperluas ke banyak sifat lain dari atmosfer. Makhluk hidup juga mengeluarkan metana dalam jumlah besar, gas rumah kaca yang membantu menjaga planet kita tetap hangat. 

Kanopi hutan yang luas mengubah jumlah sinar Matahari yang dipantulkan dari permukaan, juga memengaruhi suhu dunia kita. Bahkan produksi berbagai produk sampingan gas dari makhluk besar dan kecil mampu mengubah tekanan udara atmosfer planet Bumi.

Tanda-tanda kehidupan paling awal di dunia kita yang mungkin ada dalam catatan fosil menunjukkan bahwa kehidupan mungkin muncul ketika sebagian planet kita masih cair. 

Itu pasti tempat yang sangat tidak bersahabat. Tetapi miliaran tahun kemudian, itu cukup bagus, menurut situs Live Science, Jumat, 20 Januari 2023.

Para penulis makalah baru membayangkan sebuah dunia di ujung zona layak huni, entah hampir terlalu dingin atau hampir terlalu panas. Tetapi jika kehidupan alien berhasil dimulai di sana, itu akan memiliki peluang untuk memperbaiki susunan planet, mungkin dengan menaikkan atau menurunkan tekanan atau suhu atmosfer, atau dengan menciptakan ceruk di bawah tanah tempat kehidupan dapat berkembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya