Arkeolog Takut Bongkar Makam Kaisar China Ini, Alasannya Mengerikan

Terakota tentara Kaisar China.
Sumber :
  • http://altileri.blogspot.com

VIVA Tekno – Terdapat sebuah jebakan mematikan di makam kaisar China yang tidak pernah dibongkar selama lebih dari 2.000 tahun. Makam tersebut diketahui berada di bawah bukit kawasan China tengah. Tidak pernah dibongkarnya makam kuno itu dikelilingi karena parit bawah tanah berisi merkuri yang beracun.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Mengutip laporan LiveScience, makam tersebut menyimpan rahasia kaisar pertama China, Qin Shi Huang yang meninggal pada 10 September 210 SM setelah menaklukkan enam negara yang bertikai untuk menciptakan negara bersatu pertama di China.

Patung Prajurit Terakota

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna
China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Bukit besar, tempat kaisar dimakamkan, tidak ada yang pernah masuk ke sana," kata arkeolog sekaligus konsultan kuratorial untuk pameran Terracotta Warrior di Discovery Times Square Kota New York, Kristin Romey.

Pada tahun 1974, para petani menemukan salah satu penemuan arkeologis terpenting sepanjang masa di sebuah ladang sederhana di provinsi Shaanxi, China. Saat menggali, mereka menemukan patung seukuran manusia yang terbuat dari tanah liat.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Penggalian arkeologis menemukan istana Qin Shi Huang, kaisar pertama China yang terkenal dengan ribuan patung prajurit dari tanah liat dan kuda perang seukuran aslinya, termasuk patung pejabat terhormat dan hewan lainnya.

Rupanya, patung tentara ini dibuat untuk menjaga makam Qin Shi Huang, penguasa dinasti Qin yang memerintah dari tahun 221 hingga 210 SM.

Selama hampir empat dekade, para arkeolog telah menggali situs tersebut. Sejauh ini, mereka telah menemukan sekitar 2.000 patung tentara, tetapi para ahli memperkirakan totalnya ada lebih dari 8.000.

"Mereka akan menggali di sana selama berabad-abad," prediksi Romey.

Namun, para ilmuwan belum pernah menyentuh pusat makam, yang menyimpan sebuah istana berisi tubuh Qin Shi Huang.

"Sebagian karena menghormati kaisar, tetapi mereka juga menyadari bahwa tidak ada seorang pun di dunia saat ini yang memiliki teknologi untuk masuk dan menggali dengan benar."

Pasukan Terakota Kaisar Qin

Photo :
  • allwomenstalk.com

Para arkeolog khawatir kerusakan bisa merusak makam sehingga kehilangan informasi sejarah yang penting. Saat ini, hanya teknik invasif arkeologis yang dapat digunakan untuk memasuki makam. Teknik tersebut berisiko tinggi menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Parit merkuri juga menjadi alasan lain mengapa para arkeolog enggan menjelajahi makam itu. Hal itu kemungkinan besar akan sangat berbahaya, berdasarkan sampel tanah di sekitar makam, yang menunjukkan tingkat bahaya merkuri yang sangat tinggi.

Patung Prajurit Terakota

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna

Naskah kuno mengatakan kaisar menciptakan seluruh kerajaan dan istana bawah tanah, lengkap dengan langit-langit yang meniru langit malam, dengan mutiara sebagai bintang.

Dan makam Qin Shi Huang juga dikelilingi oleh sungai-sungai air raksa cair, yang diyakini oleh orang China kuno bisa membuat mereka mencapai keabadian.

"Ini agak ironis. Mungkin saja menyebabkan dia meninggal karena menelan merkuri. Dia meminum semua pil merkuri karena ingin hidup selamanya dan zat itu membunuhnya pada usia 39 tahun." terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya