Kaum Bumi Datar Dibuat Tak Berkutik dengan Fakta Ini

Ilustrasi Bumi datar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Baru-baru ini video time lapse yang menakjubkan dari langit malam menjadi viral di media sosial. Konten semacam itu memang sudah banyak dibuat konten kreator, tetapi fotografer Eric Brummel telah membungkusnya dengan sesuatu yang unik. 

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Alih-alih galaksi Bima Sakti bergerak melintasi langit malam, Bumi lah yang bergerak dalam video tersebut. Konten ini awalnya dibuat pada tahun 2020, di mana klip tersebut kembali mendapatkan daya tarik di internet. 

Itu kali ini telah diposting di media sosial Twitter oleh Buitengebieden, menurut situs NDTV, Selasa, 24 Januari 2023.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Di Instagram sang fotografer, dia mengatakan bahwa video tersebut diambil di Crayer Lake National Park di Amerika Serikat. Brummel mengatakan tujuan dari video tersebut adalah untuk membantu kita memvisualisasikan rotasi Bumi.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Fotografer membuat video menggunakan pelacak bintang dengan kameranya. Perangkat optik memutar kamera dengan kecepatan yang sama dengan Bumi, tetapi berlawanan arah. Ini memiliki efek visual menstabilkan langit. Pengguna Twitter terpesona oleh video tersebut.

"Ini adalah hal yang agak langka yang lebih kita butuhkan dalam hidup kita. Kesederhanaan dan kemegahan langit malam dengan segala kemegahannya, hal yang jarang terjadi untuk menjadi saksi di dalam kota tempat kita tinggal. Hadiah yang luar biasa untuk mata kami dari fotografer ini," kata pengguna Twitter.

Pemandangan ini mematahkan teori konspirasi Bumi datar karena di sana terlihat rotasi Bumi yang dikaitkan dengan zona waktu. Rotasi Bumi jadi bukti bahwa Bumi berbentuk bulat. Jika datar, maka Bumi tidak akan berotasi dan tidak ada zona waktu yang berbeda.

Penganut Bumi datar juga percaya bahwa Bumi sebagai pusat tata surya. Teorinya adalah Bumi dikatakan sebagai pusat atau Geosentris, sementara Matahari berputar mengelilingi Bumi seperti permainan carousel yang sering digaungkan oleh para flat-earther.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya