Rusia Bikin Jam Kiamat Mendekati Tengah Malam

Ramalan kiamat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Jam Kiamat telah bergerak ke titik terdekatnya menuju tengah malam, memecahkan rekor dibanding tahun-tahun sebelumnya. Semakin dekat jarum jam ke arah tengah malam, maka para ahli dari Science and Security Board (SSB) percaya bahwa dunia menuju kiamat.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

SSB telah menggerakkan jarum Jam Kiamat 90 detik mendekati tengah malam. Perang Rusia-Ukraina dan bencana iklim yang semakin parah telah membuat khawatir para ilmuwan, yang membuat prediksi tahunan semakin cepat dengan menggerakkan jarum jam setiap bulan Januari.

Jam ini diciptakan kembali pada tahun 1947 untuk memperingatkan umat manusia akan bahaya senjata nuklir. Masih digunakan sampai sekarang, para ilmuwan mengamati semua jenis ancaman yang mereka yakini menimbulkan risiko bagi keberadaan manusia. 

Donald Trump: Sudah Saatnya Israel Hentikan Perang Mereka di Gaza

Panel tersebut terdiri dari para ahli di bidang risiko nuklir, perubahan iklim, teknologi yang mengganggu, dan bioterorisme, menurut situs Express, Kamis, 26 Januari 2023.

SSB melakukan pertemuan dua kali dalam setahun untuk membahas ancaman saat ini dan apakah pengaturan ulang jam diperlukan. Pada 23 Januari 2020, para ilmuwan memutuskan untuk memindahkan jam ke 100 detik hingga tengah malam di tengah dua bahaya eksistensial yang bersamaan yakni perang nuklir dan perubahan iklim.

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat

Perang ilegal Rusia di Ukraina telah membuat Presiden Vladimir Putin melontarkan ancaman nuklir yang mengerikan. Menurut International Campaign to Abolish Nuclear Weapons (ICAN), pengumuman Jam Kiamat tahun ini merupakan indikasi bahwa tindakan mendesak harus diambil untuk menghindari bencana nuklir.

Ini menyerukan kekuatan nuklir dunia untuk mulai menghilangkan persenjataan mereka. Itu terjadi berbulan-bulan sebelum para pemimpin G7 dijadwalkan bertemu di kota Hiroshima pada Mei 2023.

Ilustrasi Bom Hiroshima Nagasaki. Sumber : shutterstock

Photo :
  • vstory

Dipilih dengan sengaja oleh Perdana Menteri Jepang Kishida, ini adalah kota pertama yang mengalami serangan nuklir dengan tujuan menempatkan perdamaian dan keamanan internasional sebagai pusat agendanya.

Kelompok tersebut telah menyusun peta jalan untuk mendorong dunia menuju jalan bebas dari senjata nuklir. Itu dimulai dengan Perjanjian Larangan Senjata Nuklir dua tahun lalu, yang ditandatangani 92 negara dan 68 negara meratifikasinya, dalam unjuk kekuatan besar-besaran melawan keberadaan bom mematikan ini.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah menyiapkan percakapan meja bundar di antara kekuatan nuklir dunia, di mana mereka akan membahas bagaimana cara melucuti senjata.

Menyusul berakhirnya krisis misil Kuba dan penutupan pada awal 1980-an di tengah Perang Dingin AS dengan Uni Soviet, ada tindakan signifikan untuk menghentikan proliferasi dan pengurangan persenjataan nuklir. Sekarang, ICAN mendesak para pemimpin dunia untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Direktur Eksekutif ICAN, Beatrice Fihn mengatakan ini saatnya untuk bertindak karena mereka sudah muak dengan peringatan Jam Kiamat yang tidak memberi perubahan signifikan.

Para pemimpin negara bersenjata nuklir harus segera menegosiasikan pelucutan senjata nuklir, dan pertemuan G7 di Hiroshima pada Mei 2023 adalah tempat yang tepat untuk menguraikan rencana tersebut.

"Para pemimpin negara-negara G7 sekarang harus meningkatkan dan memanfaatkan momen pertemuan mereka di kota pertama yang telah dihancurkan oleh bom atom dengan korban manusia yang sangat besar untuk memberi tahu kami bagaimana mereka akan bekerja dengan Rusia , China, dan negara-negara bersenjata nuklir lainnya untuk mengakhiri ancaman besar terhadap kemanusiaan ini," ujar Fihn.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya