Laba-laba Laut Punya Kemampuan Luar Biasa

Laba-laba laut Antartika
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Laba-laba laut memiliki kemampuan luar biasa yang sebelumnya tidak diketahui di mana mereka dapat menumbuhkan kembali ujung belakangnya.

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Dalam serangkaian percobaan para ilmuwan menemukan bahwa remaja dari spesies laba-laba laut Pycnogonum litorale mampu meregenerasi sepenuhnya sejumlah bagian tubuh yang diamputasi dari tubuh bagian bawah, termasuk tungkai belakang, bagian usus, organ reproduksi bahkan anus

Dikutip dari Livescience, Minggu 29 Januari 2023, laba-laba laut yang termasuk dalam kelas Pycnogonida adalah kelompok yang terdiri dari sekitar 1.300 artropoda laut dengan delapan kaki. Meskipun terlihat mirip dengan laba-laba terestrial, hewan itu hanya kerabat jauh. 

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Arthropoda lain, seperti laba-laba, kelabang dan kepiting juga dapat meregenerasi bagian tubuh, memungkinkan mereka melarikan diri dari pemangsa yang menggigitnya. 

Namun telah lama diasumsikan bahwa laba-laba laut tidak memiliki kemampuan ini karena para ilmuwan tidak pernah mengamati hewan yang melakukannya dan karena laba-laba laut telah mengembangkan kerangka luar yang keras untuk melindungi mereka dari pemangsa, menunjukkan bahwa mereka mungkin tidak memerlukan bentuk pertahanan lain.

5 Pria Simpan Sabu-sabu 1,2 Kg di Dalam Anus Buat Dibawa dari Kualanamu ke Soekarno-Hatta

Ilustrasi laba-laba laut.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah studi baru, diterbitkan 23 Januari di jurnal Evolution, peneliti menguji asumsi ini dengan mengamputasi bagian tubuh dari 23 remaja dan 23 laba-laba laut P. litorale dewasa. Orang dewasa tidak dapat meregenerasi bagian tubuh yang hilang, tetapi yang mengejutkan, mayoritas remaja akhirnya menumbuhkan kembali bagian yang hilang.

Selama percobaan, laba-laba laut telah menghilangkan berbagai bagian dari bagian posteriornya, seperti kaki belakang, usus belakang, anus, berbagai daerah otot dan organ reproduksi, yang meliputi gonoduct pada betina dan gonopore pada jantan. 

Jenis yang dewasa tidak dapat meregenerasi bagian tubuh yang hilang dan sebagian besar meninggal karena luka-luka mereka, meskipun beberapa individu yang mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah mampu bertahan hingga dua tahun setelah percobaan. 

Namun 16 remaja selamat dari amputasi dan 14 dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh mereka yang hilang sepenuhnya, meskipun beberapa individu yang keempat kaki belakangnya dilepas hanya menumbuhkan kembali dua kaki pengganti. 

Ketidakmampuan hewan dewasa untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang mungkin berkaitan dengan keterampilan regeneratif remaja yang tidak diketahui sampai sekarang, catat para peneliti di makalah.

Tim sekarang ingin menemukan mekanisme pasti yang memicu regenerasi laba-laba laut dan membandingkannya dengan kemampuan regeneratif arthropoda lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya