Akan Terjadi Gerhana Bulan yang Tidak Biasa

Ilustrasi Gerhana Bulan Mars.
Sumber :
  • Starry Night Software

VIVA Tekno – Senin malam ini akan ada gerhana yang tidak biasa yakni Gerhana Bulan Mars. Saat peristiwa tersebut, planet tetangga Bumi itu akan menghilang dari pandangan di balik Bulan selama peristiwa yang dikenal sebagai okultasi Bulan. Ini akan terjadi pada pukul 20:30 PST atau Selasa, 11:30 WIB.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Amerika Serikat bagian tengah dan utara serta Kanada selatan akan disuguhkan dengan pemandangan bulan gibbous yang membesar, ada di bawah planet Merah. Sebanyak 78 persen bagian Bulan akan menutupi Mars. Tapi beberapa jam kemudian, planet akan muncul kembali di sisi lain Bulan.

Sementara di bagian California, Pegunungan Rocky Selatan dan Gurun Barat Daya serta sebagian besar Texas dan Oklahoma, Deep South termasuk Georgia Selatan dan Florida akan kebagian saat bulan melintas di depan Mars, menyebabkan okultasi.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Peristiwa ini terjadi hampir delapan minggu setelah Bulan menutupi Mars di sebagian besar Amerika Utara (kecuali bagian Tenggara AS dan Pesisir Atlantik). Pada kesempatan itu, satelit alami Bumi itu akan sepenuhnya diterangi, sementara Mars berlawanan dengan Matahari dan bersinar dengan magnitudo hampir -2 yang menyilaukan.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Planet Mars dan Bumi.

Photo :
  • Tech Explorist

Namun untuk permainan 'petak umpet' yang akan datang ini, Bulan tidak akan terlalu terang (74 persen menyala), pun dengan Mars. Setelah mundur 29,63 juta mil (47,68 juta km) lebih jauh dari Bumi sejak pertemuan bulan Desember, Mars tampak kurang dari seperempat terangnya. 

Meskipun demikian, Bulan akan bersinar pada magnitudo -0,3 di mana itu masih termasuk objek yang cemerlang. Di antara bintang-bintang, hanya Sirius dan Canopus yang bersinar lebih terang, bahkan bagi pengamat biasa, Mars kuning-oranye kemungkinan besar akan menarik perhatian.

Apa yang akan membuat okultasi ini jauh lebih mencolok dan menarik dibandingkan dengan yang terjadi pada awal Desember adalah fakta bahwa Mars akan tampak menghilang di balik sisi gelap Bulan. Kemunculan kembali akan terjadi dari balik anggota tubuh yang terang. 

Selain itu, mereka yang berada di sepanjang garis tergores -jalur dengan lebar kira-kira 13 mil (21 km)- Mars akan tampak hanya sebagian karena tertutup oleh Bulan, menurut situs Space, Senin, 30 Januari 2023.

Okultasi bulan terakhir Mars terjadi pada 7 Desember 2022, memukau para pengamat langit yang mana banyak dari mereka berhasil mengambil banyak foto menakjubkan. Observatorium Griffith juga merilis rekaman indah dari okultasi sebelumnya, memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan untuk yang terjadi pada malam ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya