Bukan Lengkungan Setengah Lingkaran, Ternyata Ini Bentuk Asli Pelangi

Pria berpose di dekat pelangi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Mungkin selama ini yang kita tahu dan lihat bahwa bentuk pelangi adalah melengkung atau setengah lingkaran. Apakah bentuk pelangi benar melengkung atau setengah lingkaran? Ternyata apa yang selama ini kita ketahui itu salah.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Pelangi sebenarnya bukan berbentuk lengkungan. Pelangi terbentuk sebagai lingkaran penuh atau bulat ketika sinar matahari melewati tetesan hujan pada sudut yang tepat. Namun, hanya sebagian dari lingkaran yakni lengkungan yang selama ini terlihat oleh kita. Hal itu dikarenakan permukaan bumi menghalangi sisa cahaya.

Gambar pelangi.

Photo :
  • AsiaWire
Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Pelangi yang kita lihat Itu tergantung pada pembiasan, bagaimana cahaya dibelokkan ketika mengenai tetesan hujan dan refleksi, yaitu cahaya yang memantul kembali. Untuk memahami alasan mengapa pelangi berbentuk lingkaran cahaya, kamu perlu tahu bagaimana bentuknya.

"Sebagian besar cahaya yang memasuki tetesan hujan bulat akhirnya dibiaskan pada sudut yang hampir sama, dan jika cahaya itu juga dipantulkan sekali dari belakang tetesan hujan, sudut ini akan menjadi sekitar 40-42 derajat dari arah datangnya cahaya," kata Michael Kavulich, ilmuwan riset di National Center for Atmospheric Research di Boulder, Colorado dan pakar pelangi, dikutip dari Live Science pada Rabu, 1 Februari 2023.

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Tetesan air hujan sebenarnya berbentuk bulat, bukan berbentuk tetesan air mata seperti yang selama ini umum diketahui. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, cahaya mulai membelok atau membiaskan saat memasuki tetesan hujan karena air lebih padat daripada udara.

Kemudian cahaya terus berjalan hingga mencapai bagian belakang rintik hujan. Ini adalah fase di mana cahaya memantul dari belakang. Sekarang dalam perjalanan keluar dari rintik hujan, cahaya sekali lagi membiaskan dan kemudian memisah menjadi warna ikoniknya.

Pelangi muncul di atas Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Karena tetesan hujan berbentuk bulat, mereka memantulkan cahaya dalam bentuk kerucut. Lantas, apa yang ada di ujung kerucut? Ya, benar sebuah lingkaran.

Jadi, kita sudah mengetahui bentuk sebenarnya dari pelangi yang ternyata bulat bukan lengkungan dari setengah lingkaran. Lalu, apakah ada cara untuk melihat seluruh pelangi dalam bentuk lingkaran?

Mungkin kamu bisa melihatnya dari jendela pesawat, meskipun semua atau sebagian besar lingkaran pelangi lebih sering terlihat dari gedung pencakar langit. Terkadang ada pemandangan yang jelas dari ketinggian lain seperti pegunungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya