Daftar 5 Inovator Terbaik Indonesia di Ajang Innovation Heroes 2023

Innovation Heroes
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Tekno – Melalui malam Inagurasi Innovation Heroes pada Selasa 31 Januari 2023 kemarin, Yayasan Indonesia Forum dan Corporate Innovation Asia (CIAS) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada lima inovator yang telah berkontribusi positif untuk pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia. Acara ini diadakan di Soehanna Hall, Jakarta.

Generasi Muda Harus Paham AI

Para penggagas tersebut berhasil menang setelah melalui beberapa rangkaian seleksi. Sebagai informasi, Innovation Heroes adalah upaya awal untuk memperkenalkan inovator berbasis teknologi kepada masyarakat dan sebagai upaya menjawab tantangan besar Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Salah satu penentunya adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.  

“Innovation Heroes ini didesain sedemikian rupa, harapannya bukan sekadar jadi ajang diskusi tapi cikal bakal semangat melahirkan inovasi di berbagai bidang di Indonesia dengan mengumpulkan dan mencari inovator sebanyak-banyaknya sehingga kita bisa optimis mencapai target 2045”, Ketua Yayasan Indonesia Forum, Prof. Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam sambutannya.

Megawati Ungkap Peran Manusia di Tengah Kemajuan Teknologi

Ketua Umum Indonesia Forum, Prof. Bambang Brodjonegoro Ph.D

Photo :
  • Arianti Widya

Rangkaian acara yang sudah dimulai sejak November 2022 lalu telah menyisihkan 14 inovator dari ratusan pendaftar. Setelah itu para kandidat mengikuti sesi interview bersama para panelis untuk memilih lima Innovation Heroes.

Inovasi Helikopter Bell Terbukti di Indonesia

Pemilihan heroes ini berdasarkan hasil penilaian para panelis yaitu Indrawan Nugroho (Founder & CEO CIAS), Danang Rizky Ginanjar (Wakil Sekjen Indonesia Forum) dan Ivan Ahda (CEO Maxima).

Lima nominasi yang dikukuhkan menjadi Heroes dalam ajang Innovation Heroes 2022 antara lain:

1. Wahyudi Hasbi - Satelit Kecil Multi Misi
2. Herry Wijaya - For Sustainable Prosperity
3. Tatiek Kancaniati - Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru
4. Lenang Manggala - Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional
5. Heni Sri Sundari - Gerakan Anak Petani Cerdas

Program Innovation Heroes ini rencananya akan rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Hal ini sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan dan pertumbuhan inovasi di Indonesia.

Innovation Heroes

Photo :
  • Arianti Widya

Dalam kesempatan yang sama, salah satu pemenang nominasi, CEO BANANA & Partners, Herry Wijaya mengatakan bahwa usahanya ini berfokus pada kemakmuran yang berkelanjutan dan menekankan Environmental Social and Government.

“BANANA & partners dimulai pada 2020, dan kami ingin menjawab masalah ketahanan pangan. Hal ini bisa diperbaiki dengan mengelola dan mengolah sampah secara bijak, yaitu dengan ultimate solution yang kami miliki berupa Pandora (Pusat Industri Daur Oelang Rumahan). Kami juga memiliki visi untuk menciptakan dunia tanpa limbah dan dunia bebas fosil untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Herry Wijaya.

“Saya juga berharap Innovation Heroes bisa membina para inovator Indonesia, juga bisa saling bahu membahu untuk visi Indonesia Emas 2045, dengan memberikan kontribusi impact positif langsung kepada masyarakat Indonesia.” tambah Herry.

Sebelumnya, BANANA & Partners juga berhasil meraih juara satu dari Kompetisi I-Start yang digelar oleh Bakrie Group pada 2022 lalu.

Lebih lanjut, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan orang mulai dari para nominee, akademisi, direksi perusahaan atau yang mewakili seperti dari Astra, BRI Danareksa Sekuritas, Pelindo Terminal Petikemas, PLN, BCA, BNI dan lainnya.

Dalam malam inagurasi ini juga menghadirkan Ir. Warih Andang Tjahjono, M.T sebagai presiden direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Achmad Zaky, S.T, M.Sc. Co-Founder Bukalapak yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Indonesia Forum untuk berbagi tentang praktik inovasi yang telah dilakukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya