Peta Baru dari Materi Alam Semesta Ungkap Sesuatu yang Hilang

ilustrasi peta jaring kosmik.
Sumber :
  • Institut Max Planck untuk Astrofisika

VIVA Tekno – Para ilmuwan telah membuat salah satu peta materi alam semesta yang paling akurat dan ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mungkin hilang dalam model kosmos kita.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Dibuat dengan mengumpulkan data dari dua teleskop yang mengamati berbagai jenis cahaya, peta baru tersebut mengungkapkan bahwa gumpalan di alam semesta jumlahnya tidak banyak seperti yang diprediksi dari model sebelumnya.

Menurut pemahaman saat ini, jaringan kosmik adalah jaringan raksasa yang melintasi jalan angkasa raya yang diaspal dengan gas hidrogen dan materi gelap. Terbentuk setelah Big Bang yang kacau, sulur-sulur jaring terbentuk sebagai rumpun di mana banyak untaian jaring berpotongan hingga galaksi akhirnya terbentuk. 

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Peta baru ini menunjukkan bahwa di banyak bagian alam semesta, materi kurang menggumpal dan tersebar lebih merata daripada yang diperkirakan teori, melansir dari situs Live Science, Jumat, 3 Februari 2023.

"Tampaknya ada sedikit fluktuasi di alam semesta saat ini daripada yang kita perkirakan, dengan asumsi model kosmologis standar kita berlabuh ke alam semesta awal," menurut penulis Eric Baxter, astrofisikawan di University of Hawaii dalam sebuah pernyataan.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Alam semesta.

Photo :
  • Space.com

Menurut model standar kosmologi, alam semesta mulai terbentuk setelah Big Bang ketika kosmos muda dipenuhi partikel materi dan antimateri yang muncul hanya untuk memusnahkan satu sama lain saat bersentuhan. 

Sebagian besar blok bangunan alam semesta terhapus dengan sendirinya dengan cara ini. Tetapi jalinan ruang-waktu yang berkembang pesat bersama dengan beberapa fluktuasi kuantum mengartikan bahwa beberapa kantong plasma primordial bertahan di banyak tempat.

Gaya gravitasi menekan kantong-kantong plasma ini ke dalam diri mereka sendiri, memanaskan materi saat diperas lebih dekat satu sama lain sedemikian rupa sehingga gelombang suara yang bergerak dengan setengah kecepatan cahaya beriak keluar dari gumpalan plasma. 

Riak-riak ini mendorong materi yang belum ditarik ke tengah rumpun, di mana materi itu berhenti sebagai lingkaran cahaya di sekelilingnya. Pada saat itu, sebagian besar materi alam semesta terdistribusi sebagai rangkaian film tipis mengelilingi rongga kosmik yang tak terhitung jumlahnya, seperti sarang gelembung sabun di wastafel.

Setelah materi ini, terutama hidrogen dan helium cukup mendingin, itu menggumpal lebih jauh untuk melahirkan bintang pertama, yang pada gilirannya menempa unsur-unsur yang semakin berat melalui fusi nuklir.

Untuk memetakan bagaimana jaring kosmik berputar, para peneliti menggabungkan pengamatan yang diambil dengan Survei Energi Gelap di Chili dan Teleskop Kutub Selatan, yang terletak di Antartika dan mempelajari emisi gelombang mikro yang membentuk latar belakang gelombang mikro kosmik.

Alam semesta.

Photo :
  • U-Report

Meskipun mereka melihat panjang gelombang cahaya yang berbeda, kedua teleskop menggunakan teknik yang disebut pelensaan gravitasi untuk memetakan penggumpalan materi. 

Pelensaan gravitasi jadi alat yang sangat baik untuk melacak materi normal dan materi gelap yang misterius. Meskipun 85 persen dari alam semesta tidak berinteraksi dengan cahaya, kecuali mendistorsinya dengan gravitasi.

Dengan pendekatan ini, para peneliti menggunakan data dari kedua teleskop untuk menentukan lokasi materi dan menghilangkan kesalahan dari kumpulan data satu teleskop, membandingkannya dengan yang lain.

Peta materi kosmik yang dihasilkan para peneliti sangat cocok dengan pemahaman kita tentang bagaimana alam semesta berevolusi, kecuali untuk perbedaan bahwa itu lebih merata dan tidak menggumpal daripada yang disarankan oleh model standar kosmologi.

Ada dua kemungkinan untuk menjelaskan perbedaan ini. Yang pertama adalah bahwa kita tidak terlalu tepat melihat alam semesta dan penyimpangan yang tampak dari model, yang akan hilang saat kita mendapatkan alat yang lebih baik untuk mengintip kosmos.

Kemungkinan kedua dan yang lebih signifikan adalah bahwa model kosmologis kita kehilangan beberapa fisika besar yang serius. Mencari tahu mana yang benar akan membutuhkan lebih banyak survei dan pemetaan silang, serta pemahaman yang lebih dalam tentang kendala kosmologis yang mengikat alam semesta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya