Content Creator Bisa Siaran Langsung Berdua di YouTube

Ilustrasi punya penghasilan dari YouTube.
Sumber :
  • Search Engine Journal

VIVA Tekno – Setelah sempat lakukan uji coba tahun lalu, YouTube akhirnya meluncurkan fitur baru yang disebut 'Go Live Together'. Fitur ini memungkinkan para pembuat konten (content creator) melakukan siaran langsung (live streaming) berdua.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Siapa pun pengguna YouTube dengan lebih dari 50 subscribers dapat mengundang tamu atau co-host untuk mengadakan livestreaming bersama dari perangkat seluler iOS dan Android.

Hingga saat ini, hanya satu tamu dari penonton live streaming yang diizinkan untuk bergabung menjadi co-host, namun tuan rumah dapat mengganti tamu baru selama siaran langsung yang sama.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Pengguna dapat menjadwalkan streaming bersama melalui aplikasi desktop YouTube, tetapi tuan rumah dan tamu harus menggunakan perangkat seluler selama live streaming.

Untuk melakukannya, buka aplikasi YouTube, ketuk "Create", lalu "Go Live Together". Setelah memasukkan detail live streaming, pilih "Invite a co-streamer" dan kirim tautan undangan ke co-streamer yang diinginkan. Mereka kemudian akan dikirim ke ruang tunggu sampai pengundang mengklik "Go Live”.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Seperti dikutip dari Engadget, Minggu, 5 Februari 2023, tidak ada syarat jumlah minimum subscribers untuk tamu yang diundang, tetapi tuan rumah akan bertanggung jawab jika tamu melanggar pedoman komunitas apa pun. Host juga dapat memperoleh pendapatan dari iklan yang muncul dalam live streaming.

Selain itu, YouTube juga menawarkan fitur serupa yang memungkinkan kreator melakukan live streaming belanja bersama, yang memungkinkan siaran langsung bersama sekaligus menautkan channel akun suatu merek.

Adapun aplikasi livestream Twitch baru-baru ini juga memperkenalkan fitur serupa dalam versi beta yang disebut “Guest Star” namun memungkinkan content creator mengundang hingga lima tamu ke dalam live streaming.

Namun, sistem “Guest Star” sedikit lebih sederhana, karena hanya dengan menekan tombol angkat tangan atau raise hand, setiap penonton dapat dipilih dan diundang oleh tuan rumah secara instan, mirip juga seperti media sosial Clubhouse atau Twitter Spaces. Meski begitu, tidak seperti YouTube, “Guest Star” di Twitch hanya tersedia dalam versi desktop.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya