Cemas Melihat Jam Kiamat

Jam kiamat 90 detik lebih dekat ke tengah malam.
Sumber :
  • NPR

VIVA Tekno  -  Jam Kiamat diciptakan 76 tahun silam oleh para ilmuwan atom untuk jaminan terhadap kehancuran buatan manusia. Saat ini, jam tersebut telah bergerak ke 90 detik menuju tengah malam.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina , krisis iklim dan ancaman biologi seperti penyebaran Covid -1 9 yang tidak terkendali adalah alasan utama yang diberikan oleh Buletin Ilmuwan Atom (BAS), sebuah organisasi nirlaba ilmuwan dan pakar kebijakan yang mengatur jarum jam lebih dekat ke kepunahan manusia daripada sebelumnya.

"Kita hidup di masa bahaya yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan jam Kiamat mencerminkan kenyataan itu. 90 detik hingga tengah malam adalah jam terdekat yang pernah ditetapkan ke tengah malam, dan ini adalah keputusan yang tidak dianggap enteng oleh para ahli kami," kata Presiden dan CEO BAS, Rachel Bronson.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menurutnya pemerintah AS, sekutu NATO dan Ukraina memiliki banyak saluran untuk berdialog. Mereka mendesak para pemimpin untuk menjelajahi semuanya dengan kemampuan maksimal untuk memutar balik waktu.

Dibuat untuk BAS pada 1947 oleh Martyl Langsdorf, Jam Kiamat pertama kali digunakan sebagai sarana untuk memberi sinyal kepada publik tentang hal yang mengerikan dan sebagai ancaman eksistensial yang ditimbulkan oleh senjata nuklir ke dunia.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Ilustrasi perang nuklir.

Photo :
  • Getty Images

Pada 2007, hitungan mundur jam diperluas untuk mencakup semua ancaman eksistensial buatan manusia, membebaninya dengan perlindungan tambahan dari perubahan iklim, kecerdasan buatan yang nakal, perang, dan pandemi global.

Didirikan pada 1945 oleh fisikawan, termasuk Albert Einstein dan Robert Oppenheimer yang dikenal sebagai "bapak bom atom", pembentukan BAS terinspirasi oleh jatuhnya bom atom AS "Little Boy" dan "Fat Man" yang secara tragis jatuh di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

Di Hiroshima saja, Little Boy membunuh sekitar 140.000 orang dalam waktu lima bulan setelah peledakannya dan menghancurkan atau merusak parah lebih dari 60.000 dari sekitar 90.000 bangunan kota.

Untuk menentukan waktu jam setiap tahun, Dewan Sains dan Keamanan BAS mengadakan dua pertemuan yang terdiri dari 18 ahli dari latar belakang yang mencakup diplomasi, ilmu nuklir, perubahan iklim, teknologi yang mengganggu, dan sejarah militer untuk membahas perubahan ancaman yang ditimbulkan terhadap umat manusia itu sendiri. 

Untuk menilai bahaya ini, anggota Dewan Sains dan Keamanan berkonsultasi dengan kolega di bidangnya masing-masing dan dengan Dewan Sponsor Buletin sebelum menyepakati posisi macet, menurut situs Space, Selasa, 7 Februari 2023.

Jarum jam sekarang bergerak 10 detik lebih dekat ke tengah malam daripada sebelumnya. Rekor sebelumnya ditetapkan pada 100 detik hingga tengah malam antara 2019 dan 2022 dengan latar belakang politik global dalam menghadapi krisis iklim yang meningkat, pandemi Covid-19, dan perluasan invasi Rusia ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya