Geger! Tanda-tanda Kiamat Telah Muncul di Israel, Benarkah?

Bendera Israel.
Sumber :
  • Atalayar

VIVA Digital – Tanda kiamat disebut sudah muncul di Israel hingga membuat publik merasa gusar. Tanda ini berupa munculnya sebuah binatang yang menjadi sinyal akan segera berakhirnya kehidupan di alam semesta. Binatang yang disebut muncul di Negara Yahudi tersebut adalah Dabbah

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Karena itu, warganet yang melihatnya langsung membahas hal tersebut hingga viral di media sosial. Unggahan foto yang mengklaim kehadiran Dabbah di Israel tersebut muncul lewat sebuah postingan di salah satu akun Facebook. 

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat. Semoga Kita Dalam Lindungan Allah. Aminn," tulis unggahan tersebut di Facebook yang dilansir VIVA Digital, Selasa, 7 Februari 2023. 

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Dabbah.

Photo :
  • U-Report

Foto yang disebut sebagai kemunculan hewan tanda kiamat itu adalah tangkapan layar dari sebuah video. Video tersebut berjudul 'The Mexican Mole Lizard - Animal of the Week' dari Ben G Thomas. Hewan tersebut adalah Mexican Mole Lizard, sebuah kadal tanpa kaki. 

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Mexican Mole Lizard ini mempunyai nama ilmiah Bipes Biporus yang habitatnya di dalam air. Melansir laporan National Geographic, Bipes biporus kerap ditemui di wilayah Baja California, Semenanjung Meksiko. 

Kadal tanpa kaki biasanya berada di bawah tanah, jarang terlihat di permukaan. Panjangnya mencapai 25 cm. Bisa disimpulkan, foto yang beredar tersebut bukan Dabbah. Narasi itu bisa disebut menyesatkan karena tidak sesuai dengan sebenarnya. 

ilustrasi dabbah

Photo :
  • U-Report

Sementara itu, dalam agama Islam sendiri Dabbah diyakini sebagai salah satu datangnya hari kiamat atau kiamat qubro. Kehadiran Dabbah sebagai tanda hari kiamat ini dilansir dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan oleh Abdullah bin Amr. 

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Sedangkan ciri-ciri Dabbah dalam ajaran Islam antara lain sejenis binatang melata, hewan berbulu dan berambut, mempunyai empat kaki dan dikatakan Ibnu Abbas, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, sebagai hewan yang berwajah manusia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya