5 Hewan Mampu Prediksi Bencana Alam, Terbaru Anjing Melolong di Turki

Ilustrasi anjing.
Sumber :
  • freepik/Racool_studio

VIVA Tekno – Hewan rupanya bisa mendeteksi bencana alam dan dapat menjadi sinyal bagi manusia untuk mulai menyelamatkan diri. Biasanya, ini terlihat dari perubahan perilaku hewan menjelang terjadinya bencana alam.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Sejumlah hewan diyakini bisa mendengar suara dan merasakan getaran yang terkait dengan pergeseran lapisan Bumi. Hewan juga dianggap mempunyai kemampuan mendeteksi perubahan elektromagnetik alam semesta yang lebih baik ketimbang manusia.

Sebab itu, banyak orang yang percaya dengan gagasan bahwa perubahan perilaku hewan adalah tanda bencana alam. Nah, berikut ulasan hewan yang berikan sinyal saat akan bencana alam seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

1. Anjing

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Luigi, anjing pelacak Bea Cukai Batam.

Photo :

Anjing adalah hewan yang bisa mendeteksi bencana alam karena memiliki sensitivitas indera perasa 10 ribu lebih kuat ketimbang manusia. Kemampuan ini membantu anjing untuk mendeteksi suatu bahaya yang disebabkan oleh alam. Seperti yang terjadi di Turki, seekor anjing tampak melolong sebelum terjadinya gempa

Sebelum waktu Subuh, terlihat dalam CCTV memperlihatkan perilaku seekor anjing yang tidak biasa karena melolong beberapa kali. Hal ini seolah-olah memberikan peringatan kepada manusia bahwa akan terjadi gempa bumi. Benar saja, sekitar pukul 04.00 waktu Turki, gempa meluluhlantakan Turki dengan kekuatan magnitudo 7,8. 

2. Ikan

Ribuan ikan mati misterius di Pantai Ancol, Jakarta Utara

Photo :
  • Danar Dono

Ikan adalah salah satu hewan yang diyakini bisa menjadi pertanda akan datangnya bencana alam. Beberapa ikan memang memiliki sensor perasa yang tajam sehingga bisa memenangkan infrasonik. Karena itu, mereka kerap memberikan pertanda akan datangnya bencana. 

Bahkan, sebagian besar orang meyakini ikan naik ke daratan adalah pertanda bencana alam seperti tsunami. Apalagi, kejadian ikan naik ke daratan juga sempat terjadi sebelum tragedi tsunami yang memporak-porandakan Aceh pada tahun 2004 silam. 

3. Burung

Burung Gagak di Wuhan

Photo :
  • U-Report

Burung sangat sensitif terhadap perubahan gelombang udara yang akan mengakibatkan badai. Bila kamu melihat burung di sekitar rumah terbang beramai-ramai, kamu harus waspada karena kemungkinan akan terjadi bencana alam yang cukup besar. 

Bahkan kejadian burung laut terbang ke arah pantai dan menuju daratan pernah terjadi sebelum tsunami Aceh. Mereka seakan memberikan tanda bahaya untuk manusia. Selain itu, ada pula cerita warganet di Twitter soal burung memberikan tanda sebelum gempa di Bandung.

Kucing belang tiga

Photo :
  • Catlovers

Pakar cryo seismologi dari Nebraska, Amerika Serikat, Celeste Labedz pernah melakukan uji coba dengan memagang gelang Fitbit di kalung leher kucing yang terkoneksi dengan laptop dan ponsel. Ketika kucing bereaksi terhadap getaran, Fitbit akan mengirimkan sinyal aktivitas. 

Gelang ini kemudian dipasang pada ribuah kucing yang bisa diolah menjadi data crowdsourcing untuk perhitungan yang semakin akurat. Menurut dia, hal ini berarti kucing bisa dilibatkan untuk menjadi pendeteksi gempa. 

Gajah

Photo :
  • unsplash,com

Gajah adalah hewan yang bisa mendeteksi bencana alam dengan perilaku yang berubah seperti gelisah, memberontak, berlari dan sambil berteriak keras dengan belalainya. Struktur telinga luar gajah tampak sesuai dengan panjang gelombang yang ditangkapnya. 

Kejadian ini pernah terjadi saat gempa berkekuatan 7,3 SR dengan kedalaman 30 kilometer di Tasikmalaya tahun 2009 silam. Diperkirakan 10 menit sebelum gempa, gajah Sumatera yang ada di Taman Safari Bogor tampak gelisah dan ketakutan hingga sering mengerang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya