Iklim Tropis di Indonesia jadi Sumber Tumbuhnya Bakteri dan Jamur

Produk air purifier dari Sharp.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno  – Secara geografis Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi lautan dan terletak di antara 6 derajat LU-11 derajat LU dan 95 derajat BT-141 derajat BT, membuat negara kita termasuk ke dalam iklim tropis dimana udara akan terasa panas dan lembab sepanjang tahun. 

5 Tips Nyimpan Buah dan Sayuran supaya Segar Berminggu-minggu

Iklim tropis menyebabkan Indonesia hanya memiliki dua musim dalam setahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat musim hujan berlangsung, terkadang terjadi curah hujan yang relatif tinggi dalam waktu yang cukup lama. 

Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif, tidak hanya pada masalah kesehatan pernafasan dan kulit manusia, namun juga dapat memicu pertumbuhan mikro organisme seperti bakteri dan jamur pada karpet yang juga dapat merusak cat dinding, wallpaper, sepatu, tas, baju dan membuat ruangan rumah serta sofa dan karpet berbau tidak sedap. 

5 Risiko Menakutkan yang Tersembunyi di Balik Jenggot dan Kumis Kasar yang Tidak Terawat

Atas permasalahan ini, Sharp meluncurkan Dehumidifier yang diklaim dapat mengurangi serta menjaga kelembaban udara di ruangan dalam kondisi ideal, menghadirkan udara segar, sehat dan efektif membantu mengeringkan pakaian lebih cepat. 

"Peluncuran produk ini merupakan jawaban atas keluhan konsumen kami akan permasalahan tingkat kelembapan dalam rumah yang mengganggu," ujar Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka di Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Sharp Dehumidifier mempunya dua varian yaitu tipe DW-E16FA-W yang memiliki cakupan area 38m persegi dengan kapasitas tangki 3 liter dan tipe DW -D12A-W yang memiliki cakupan area 26m persegi dengan kapasitas tangki 4 liter.

Sharp Dehumidifier.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Untuk tipe DW-E16FA-W, ini memiliki dimensi 360 x 260 x 565 mm dengan berat 12.2 kg dan konsumsi listrik 190 watt. Sedangkan tipe DW-D12A-W memiliki dimensi 314 x 220 x 527 mm dengan berat 10 kg dan konsumsi listrik 160 watt. 

Perangkat dilengkapi teknologi Plasmacluster dan hanya tersedia untuk warna putih. Teknologi Plasmacluster HD 7000 dengan High Density 7000 Terbukti efektif menekan pertumbuhan jamur, bakteri, virus dan menghilangkan bau dengan ion positif dan negatif.

Produk bisa diletakkan di kamar tidur, ruang perpustakaan, walking closet maupun laundry room guna membantu mempercepat proses pengeringan pakaian.

Saat perangkat dinyalakan, udara lembab akan memasuki port penghisapan udara, kemudian uap air di udara didinginkan hingga mengembun menjadi tetesan air dan mengalir ke reservoir air. Ketika udara dingin dari cooler akan memanas, maka dari saluran udara akan keluar udara kering yang membantu mengurangi kelembapan.

Sharp Dehumidifier tipe DW-D12A-W dibanderol Rp3,6 juta, sedangkan tipe DW-E16FA-w dikisaran harga Rp4,3 juta. Perangkat dapat diperoleh di Sharp Official Store di Shopee, Tokopedia, Blibli, Cocorolife.id, dan dealer toko offline.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya