Hati-hati Terjebak Romantisasi dengan Stalkerware

Hacker.
Sumber :
  • Auth0

VIVA Tekno - Musim keempat dari serial Netflix 'You' telah dimulai. Pemirsa akan kembali mengikuti eksploitasi Joe Goldberg, seorang pemuda obsesif yang berusaha keras untuk memasukkan dirinya ke dalam kehidupan orang-orang yang terpaku padanya.

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Meskipun Joe telah membuat jantung pemirsa berdetak lebih cepat sejak acara tersebut pertama kali ditayangkan pada tahun 2018, romantisasi perilakunya menimbulkan masalah serius di mana penguntitan tidak dapat diterima baik online maupun offline.

Bentuk umum penguntitan digital disebut stalkerware, perangkat lunak yang tersedia secara komersial, yang dapat diunduh secara terpisah pada perangkat ponsel cerdas. Seiring dengan teknologi lainnya, ini sering digunakan dalam hubungan yang tidak sehat, memungkinkan pelaku untuk memantau kehidupan pribadi seseorang tanpa sepengetahuan korban. Stalkerware juga telah dikaitkan dengan bentuk perilaku kekerasan lainnya.

Begal Bercelurit Sasar Pelanggan Warkop di Bekasi, HP dan Dompet Dirampas

Menurut Kaspersky dalam keterangan resminya pada Kamis, 9 Februari 2023, sebanyak 29.312 orang di seluruh dunia terpengaruh oleh stalkerware pada tahun 2022.

Kasus di semua negara menunjukkan bahwa stalkerware adalah fenomena global yang saat ini memengaruhi semua masyarakat, dengan Coalition Against Stalkerware memperkirakan bahwa penggunaan bentuk perangkat lunak ini di seluruh dunia dapat mendekati satu juta kasus setiap tahunnya.

Pengguna HP Diminta Hati-hati

Ilustrasi hacker atau serangan siber.

Photo :
  • Dok. Kaspersky

“Penting untuk tidak meromantisasi perilaku seperti yang terlihat pada serial 'YOU' karena penguntitan bukan perbuatan yang tepat. Terlepas dari apakah itu terjadi secara online atau digital dan stalkerware adalah bentuk kekerasan,” kata Christina Jankowski, Senior External Relations Manager di Kaspersky. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang stalkerware, Kaspersky berbagi wawasan dengan komunitas dunia maya global dan membantu berbagai organisasi dalam perang melawan penguntit digital.

Semua data dan informasi yang relevan tentang masalah ini harus dibagikan demi kepentingan mereka yang terkena dampak kekerasan dunia maya untuk lebih meningkatkan tingkat deteksi dan perlindungan.

“Menguntit adalah tindakan kriminal, traumatis, dan berbahaya. Namun film, TV, dan musik secara konsisten menghadirkan penguntitan sebagai hal yang diinginkan, lucu, seksi atau menarik. Tetapi dalam kehidupan nyata, hal itu tidak diinginkan, menakutkan, dan ilegal,” imbuh Karen.

Berikut adalah tips untuk perlindungan terhadap stalkerware di perangkat seluler.

• Lindungi ponsel dengan kata sandi yang kuat yang tidak pernah dibagikan dengan pasangan, teman, atau kolega.
• Periksa izin aplikasi yang terinstal secara teratur. Aplikasi penguntit dapat disamarkan dengan nama aplikasi palsu.
• Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.
• Periksa riwayat penjelajahan pribadi karena untuk mengunduh stalkerware, pelaku harus mengunjungi situs web yang mungkin tidak diketahui oleh pengguna yang terpengaruh. Alternatifnya, tidak akan ada riwayat sama sekali jika pelaku telah menghapusnya.
• Menerapkan solusi keamanan siber yang terbukti melindungi dari semua jenis ancaman seluler dan memeriksa perangkat secara teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya