Narkoba Jenis Fetanil Ditemukan, Mampu Bunuh 1 Miliar Orang

Obat-obatan terlarang atau narkoba jenis Fetanil.
Sumber :
  • Nypost.com

VIVA Tekno – Amerika Serikat (AS) melaporkan telah menemukan narkoba jenis Fetanil di perbatasan negara tersebut. Narkoba jenis baru ini cukup untuk membunuh satu miliar orang hanya dalam tiga bulan.

Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun

Pengungkapan tersebut datang ketika dua kepala Patroli Perbatasan AS dicecar selama sidang Kongres tentang keamanan perbatasan.

Anggota Kongres dari Partai Republik, Tim Burchett, mengutip angka Bea Cukai dan Patroli Perbatasan bahwa setidaknya 9.400 pon (sekitar 4.200 kg) obat sintetis yang sangat berbahaya telah dihentikan memasuki negara itu sejak Oktober 2022, sekitar 7.200 pon (3.000 kg) di antaranya disita di perbatasan selatan.

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

"Fentanyl itu cukup untuk membunuh satu miliar orang di dunia atau setiap orang Amerika lima kali lipat," kata Republikan dari Tennessee itu, melansir New York Post.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Sesedikit dua miligram opioid sintetis di fetanil bisa membunuh seseorang

Photo :
  • nypost.com

Hitungan anggota parlemen itu didasarkan pada informasi Drug Enforcement Administration bahwa sesedikit dua miligram opioid sintetis, jumlah yang sangat kecil sehingga mudah pas di ujung sebuah pensil, cukup untuk membunuh seseorang.

Obat pembunuh ini 50 kali lebih kuat dari heroin dan 100 kali lebih kuat dari morfin. Meskipun digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit di rumah sakit, obat ini harus ditangani dan diberikan secara profesional untuk mencegah overdosis.

Namun, fentanyl semakin membunuh orang yang bahkan tidak tahu obat-obatan yang mereka menggunakannya, karena sering dipotong menjadi pil yang terlihat seperti pil resep dan dijual sebagai "Oxytocin" atau "Xanax".

Tetapi sebenarnya menyebabkan overdosis dan kematian bagi orang yang tidak tahu apa yang mereka konsumsi atau seberapa kuat itu. Pada tahun 2022, kematian opiat sintetik rata-rata lebih dari 70.000 per bulan, menurut data resmi, jumlah tertinggi yang pernah tercatat.

Kartel narkoba telah beralih ke penyelundupan fentanil daripada obat-obatan terlarang lain karena murah untuk dibuat dan terkonsentrasi, jumlah kecil dapat menghasilkan keuntungan besar.

Kepala Agen Patroli Sektor Tucson John Modlin mengatakan kepada pejabat terpilih, bahwa setiap pengiriman yang masuk ke negara itu memiliki potensi besar untuk mematikan.

Obat-obatan terlarang atau narkoba jenis Fetanil.

Photo :
  • Nypost.com

“Di sektor Tucson tahun lalu kami menyita sekitar 700 pon (317 kg) fentanil,” jelasnya.

Penyelundup yang kejam telah menyembunyikan fentanil dalam kelapa, menyamarkannya sebagai Lego atau menyembunyikannya di rongga mobil atau ban untuk membawanya melewati perbatasan. Seorang wanita bahkan dituduh menyembunyikannya di koper anak-anaknya.

“Kekhawatiran terbesar adalah fentanil cair, adalah ancaman terbaru yang kami lihat,” Chief Gloria Chavez, kepala sektor Rio Grand Valley menjelaskan tentang apa yang dilihat agennya di Texas.

Terlepas dari upaya terbaik agen untuk menghentikannya di perbatasan internasional, Modlin mengakui fentanil terus lolos karena ditemukan di kota-kota di seluruh negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya