Minyak Goreng Subsidi Minyakita Terpantau Dijual di TikTok Shop

TikTok.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan pelarangan penjualan minyak goreng subsidi MinyaKita di e-commerce sebagai antisipasi kelangkaan stok pada awal bulan ini. Ia menegaskan, Minyakita hanya bisa dibeli di pasar.

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

Kelangkaan dan tingginya harga MinyaKita di pasaran bikin resah masyarakat. Apalagi minyak goreng subsidi pemerintah itu banyak yang dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) baik secara offline maupun online.

Daftar Harga HP Infinix per 6 April 2024

TikTok Shop menjual minyak goreng subsidi Minyakita.

Photo :
  • Tangkapan layar TikTok Shop

Setelah Mendag resmi melarang penjualan Minyakita di e-commerce, seperti Lazada, Bukalapak, Shopee dan Tokopedia, maka minyak subsidi ini ‘menghilang'. Namun, penjualan minyak goreng subsidi ini masih ditemukan di TikTok Shop.

TikTok-Tokopedia Integration System Completed

Di platform socio-commerce asal China itu, Senin, 13 Februari 2023, Minyakita masih bisa ditemukan dengan kata kunci ‘minyakita’, 'minyak kita', 'minyakkita', dan ‘minyak goreng’ dengan harga paling murah Rp16 ribu per liter.

Mendag Zulkifli Hasan temukan timbunan MinyaKita.

Photo :
  • Dokumentasi Kemendag.

Selain itu, sebanyak 500 ton atau 555.000 liter minyak goreng subsidi Minyakita ditemukan menumpuk di daerah Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, belum lama ini.

Zulkifli Hasan juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar dapat dilakukan penjualan sesuai dengan HET. Ia menambahkan, penjualan Minyakita juga tidak boleh menggunakan mekanisme bundling atau dijual dengan produk lainnya.

Sedangkan, terhadap pelaku usaha yang melakukan penjualan melalui media sosial akan dilakukan pemblokiran akun dengan berkoordinasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Berdasarkan pengawasan, kami telah menurunkan (take down) sebanyak 6.678 tautan dari beberapa lokapasar (marketplace) serta melakukan pengamanan sebanyak 937 karton atau 11.246 liter dari beberapa pelaku usaha yang menjual melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

TikTok Shop menjual minyak goreng subsidi Minyakita.

Photo :
  • Tangkapan layar TikTok Shop

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya