Mengapa Tiba-tiba Banyak UFO di Amerika Serikat?

Ilustrasi benda asing tak dikenal atau UFO/UAP.
Sumber :
  • CCO

VIVA Tekno  – Dalam kurun waktu dua minggu di bulan Februari 2023, pilot militer Amerika Serikat (AS) telah menembak jatuh empat benda misterius yang terlihat di negaranya dan Kanada.

Tekuk Indonesia 3-1, China Kawinkan Gelar Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Militer mengidentifikasi objek pertama sebagai balon mata-mata China setinggi 200 kaki (60 meter), melayang sekitar 60.000 kaki (18.200 meter) di atas Alaska pada akhir Januari. Pemerintah melacak balon itu selama beberapa hari saat melayang ke tenggara melintasi negara, kemudian menembaknya jatuh di lepas pantai Carolina Selatan dengan jet tempur pada 4 Februari kemarin.

Tiga objek lainnya, termasuk silinder seukuran mobil yang ditembak jatuh di atas wilayah Yukon yang dingin di Kanada dan objek oktagonal aneh yang ditembakkan ke perairan Danau Huron, tidak teridentifikasi dan semuanya hancur antara 9 hingga 12 Februari. 

Jonatan Christie Jaga Peluang, Indonesia Tertinggal 1-2 dari China di Final Thomas Cup

Ketiga objek ini tidak secanggih balon mata-mata, kata pejabat Gedung Putih dalam jumpa pers 13 Februari. Benda asing (UFO) itu melayang di antara ketinggian 20.000 hingga 40.000 kaki (6.000 dan 12.000 m). Namun benda tersebut terbang di wilayah udara yang digunakan oleh pesawat komersial, yang menambah risiko keamanan, kata pejabat pemerintah.

Insiden kebakaran cepat ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa pemerintah tiba-tiba mendeteksi dan menghancurkan begitu banyak objek tak dikenal di wilayah udara AS dan Kanada. Apakah benar-benar ada lebih banyak objek di sana daripada biasanya, atau apakah militer semakin baik dalam melacaknya?

Final Thomas Cup Membara! China Gandakan Kedudukan Atas Indonesia Usai Fajar/Rian Tumbang

Mengutip dari situs Live Science, Jumat, 17 Februari 2023, meskipun tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak objek yang berada di wilayah udara suatu negara pada suatu waktu, pejabat pemerintah telah menjelaskan bahwa militer sengaja memperluas pencariannya untuk objek asing sejak penemuan balo mata-mata China, pada ketinggian yang serupa. Upaya itu rupanya berhasil.

“Kami telah meneliti lebih dekat wilayah udara di ketinggian ini, termasuk meningkatkan radar kami, yang setidaknya dapat menjelaskan sebagian peningkatan objek yang telah kami deteksi selama seminggu terakhir,” kata Melissa Dalton, Asisten Menteri Pertahanan untuk Homeland Defense and Hemispheric Affairs.

Jet tempur AS menembak jatuh balon mata-mata China di perairan Carolina, AS

Photo :
  • Chad Fish via AP

Dengan kata lain, setelah militer berhasil melacak balon mata-mata di seluruh negeri selama beberapa hari, mereka mempelajari cara terbaik untuk mendeteksi objek serupa di ketinggian serupa yang sebelumnya luput dari perhatian, menurut Jack Weinstein, seorang profesor keamanan internasional di Universitas Boston dan pensiunan Letnan Jenderal Angkatan Udara AS.

"Saya pikir itu semua berasal dari balon. Saya melihat bahwa militer baru saja mencari cara untuk melacak barang-barang itu," jelasnya.

Sementara militer belum mengidentifikasi salah satu dari tiga objek yang ditembak jatuh pada bulan Februari, pemerintah AS dan Kanada telah menggambarkan 'pola' antara objek-objek ini dan balon mata-mata yang jatuh, menolak untuk mengesampingkan kemungkinan bahwa mereka semua adalah bagian dari upaya mata-mata asing. 

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby menambahkan bahwa China telah mengawasi AS dengan balon mata-mata ketinggian tinggi selama beberapa tahun —setidaknya sejak pemerintahan Presiden Donald Trump— tetapi objek belum pernah terdeteksi sebelumnya. Sementara itu, China mengklaim bahwa AS telah menerbangkan balon mata-mata ke wilayah udaranya lebih dari 10 kali sejak Januari 2022, 

Insiden aneh dari awal Februari hanyalah yang terbaru dari serangkaian ratusan pertemuan antara personel militer AS dan dugaan UFO atau fenomena anomali tak dikenal (UAP) yang dilaporkan selama beberapa tahun terakhir. 

Pada tahun 2022 saja, pejabat Departemen Pertahanan membuka penyelidikan terhadap 366 penampakan UAP yang dilaporkan di mana 171 di antaranya masih belum terselesaikan hingga akhir tahun, menurut laporan tahunan pertama dari All-domain Anomaly Resolution Office (AARO), sebuah kantor Pentagon yang didirikan pada awal 2022 untuk menyelidiki dugaan penampakan UAP oleh personel militer.

Beban kasus satu tahun itu lebih dari dua kali lipat dari 144 dugaan pertemuan UAP yang dilaporkan oleh militer selama 17 tahun sebelumnya, menurut laporan Pentagon yang merinci penampakan UAP antara tahun 2004 hingga 2021. Peningkatan besar dalam dugaan penampakan UAP ini mungkin merupakan hasil dari pergeseran budaya di dalam militer.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya