Ada 3 Orang di Dunia yang Dinyatakan Sembuh dari HIV

Hasil tes HIV.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Kabar baik. Ada satu lagi pasien HIV yang dinyatakan sembuh total setelah menjalani transplantasi sel punca yang berisiko.

Terawangan Paranormal Dayak Soal Kematian Stevie Agnecya: Memang Benar Ada Kiriman Santet

Pria berusia 53 tahun, yang dikenal oleh para ilmuwan sebagai Pasien Dusseldorf, adalah orang ketiga yang dinyatakan “bersih” dari virus penyebab AIDS itu melalui pengobatan eksperimental yang secara bersamaan membebaskan pasien dari kanker.

Pria yang tak disebutkan namanya itu telah menghentikan obat anti-retroviral, obat yang biasanya diperlukan setiap hari untuk mencegah virus HIV, selama empat tahun tanpa kambuh, kata dokter.

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Melansir Daily Mail Health, Kasusnya mengikuti dua pasien lain yang telah menjalani remisi jangka panjang setelah melalui prosedur berbahaya, mereka dipanggil 'Pasien Berlin' dan 'Pasien London'. Keduanya juga memiliki prosedur untuk menangkal kanker darah.

Komika Singgih Sahara Selewengkan Uang Donasi Berobat Ibu untuk Bayar Pinjol hingga Beli PS

Ilustrasi HIV

Photo :
  • Times of India

Hampir satu dekade setelah transplantasi sel induk dari donor yang tidak terkait, dan lebih dari empat tahun setelah mengakhiri terapi HIV, yang disebut Pasien Dusseldorf sekarang dalam keadaan sehat, menurut petugas medis yang merawatnya.

Pria yang didiagnosis pada tahun 2008 itu mengatakan: “Saya masih ingat betul kalimat dokter keluarga saya: "Jangan terlalu keras. Kita akan mengalami bersama bahwa HIV dapat disembuhkan”. Saat itu, saya menolak pernyataan itu sebagai alibi. Hari ini, saya semakin bangga dengan tim dokter saya di seluruh dunia yang berhasil menyembuhkan saya dari HIV, dan pada saat yang sama, tentu saja, leukemia,” ujarnya.

“Pada Hari Valentine tahun ini, saya merayakan peringatan 10 tahun transplantasi sumsum tulang saya secara besar-besaran. Donor sumsum tulang saya hadir sebagai tamu kehormatan,’ lanjutnya.

Pria itu mengatakan dia telah memutuskan untuk mendedikasikan sebagian waktunya untuk mendukung penggalangan dana untuk penelitian HIV dan melawan stigmatisasi virus dengan ceritanya.

Pasien Dusseldorf didiagnosis dengan leukemia myeloid akut pada Januari 2011, enam bulan setelah didiagnosis dengan HIV. Ini adalah jenis leukemia yang paling umum di kalangan orang dewasa, dengan sekitar 3.000 orang Inggris dan 20.000 orang Amerika didiagnosis setiap tahun. Leukimia ini juga yang paling mematikan, merenggut 2.700 nyawa di Inggris dan 11.000 di AS setiap tahunnya.

Pasien menjalani transplantasi sel induk hematopoietik alogenik (HSCT) pada Februari 2013, diawasi oleh tim peneliti internasional, dipimpin oleh petugas medis di Rumah Sakit Universitas Dusseldorf.

Itu melibatkan penghancuran sel-sel darah tidak sehat Pasien Dusseldorf dan mengisinya kembali dengan sel-sel dari donor, yang memiliki mutasi pada gen CCR5 mereka yang membuat mereka kebal terhadap infeksi HIV.

Pria tersebut kemudian menjalani kemoterapi dan menerima infus limfosit donor, yaitu sel kekebalan yang dapat membunuh sel kanker yang tersisa. Setelah transplantasi sel punca, Pasien Dusseldorf terus menggunakan terapi anti-retroviral, yang menghentikan replikasi virus di dalam tubuh.

Namun, HIV tidak terdeteksi dalam darahnya, jadi dia berhenti minum tablet harian pada November 2018, enam tahun setelah transplantasi sel punca. Dia terus diawasi oleh tim dokter selama empat tahun berikutnya.

Rincian kasus tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, menunjukkan bahwa tidak ada kebangkitan HIV atau peningkatan tanggapan kekebalan terhadap virus, yang menunjukkan bahwa virus itu masih ada di tubuhnya.

Hal ini memungkinkan tim medis untuk menyatakan bahwa Pasien Dusseldorf telah sembuh dari HIV.

Mereka mengatakan kasus tersebut memberikan 'bukti kuat' bahwa transplantasi menyembuhkannya dari virus.

Namun, pengobatan berisiko tinggi tidak akan pernah tersedia untuk 38 juta orang yang hidup dengan HIV di seluruh dunia, karena ini terutama pengobatan kanker. Ada kemungkinan bahwa sel-sel yang ditransplantasikan mengenali sel-sel pasien sebagai 'asing' dan menyerangnya, reaksi yang mengancam jiwa yang disebut penyakit graft versus host.

Ilustrasi HIV/AIDS.

Photo :
  • Freepik

Tim medis mengatakan laporan mereka adalah pemantauan diagnostik terlama dan paling tepat dari seorang pasien dengan HIV setelah transplantasi sel punca.

Mereka berharap kasus ini akan memberikan titik awal untuk merencanakan studi masa depan untuk penyembuhan HIV. Para ahli menyarankan penelitian sekarang harus dilanjutkan untuk memungkinkan pasien mengatasi infeksi HIV tanpa memerlukan intervensi yang berat ini di masa depan.

Atas nama tim internasional, Dr Bjorn-Erik Ole Jensen mengatakan: “Setelah penelitian intensif kami, kami sekarang dapat memastikan bahwa secara mendasar mungkin untuk mencegah replikasi HIV secara berkelanjutan dengan menggabungkan dua metode utama,” ujar Jensen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya