Industri Media Harus Menciptakan Ekosistem Jurnalisme yang Sehat

Media Gathering AMSI dan MGID di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.
Sumber :
  • VIVA/Arianti Widya

VIVA Tekno – Industri penerbitan media adalah industri yang sangat dinamis dan kompleks. Maka dari itu, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh pelaku industri penerbitan media, seperti monetisasi, engagement, dan pertumbuhan.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

“Monetisasi (monetization), interaksi (engagement), dan pertumbuhan (growth) merupakan suatu keniscayaan untuk pelaku industri media, sebab produksi berita tetap membutuhkan dana,” kata Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Elin Kristanti, dalam diskusi bertajuk "Unlocking the Potential of the MGID Platform: Strategies to Increase Traffic, Revenue and Audience Engagement" di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.

Menurutnya, tidak mungkin melakukan produksi tanpa suatu dana. Tapi, di sisi lain, suatu media tidak bisa terus menerus bergantung pada platform global dan iklan, karena ada marwah yang harus dijaga.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Oleh karena itu, industri penerbitan media perlu menyusun strategi untuk menciptakan ekosistem yang lebih sehat bagi jurnalisme.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbaiki hubungan dengan pembaca dan pengiklan. Dalam hal ini, poin yang perlu menjadi perhatian adalah memastikan produk yang dihasilkan relevan dengan para pembaca.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Untuk menengahi kebutuhan itu, platform MGID hadir guna membantu penerbit memonetisasi dan memelihara pemirsa. Pada saat yang sama, juga sekaligus mendorong performa dan brand awareness.

Wakil Presiden Penerbit Global MGID, Sara Buluggiu

Photo :
  • Arianti Widya

"Kami menempatkan pengguna sebagai pusat, untuk membuat penerbit sebagai promotor iklan dan menjaga pengguna sebagai fokus utama bagi kita semua," kata Sara Buluggiu, Wakil Presiden Penerbit Global MGID.

MGID memberikan kesempatan kepada penerbit untuk mengontrol audiens mereka secara penuh. Dalam konteks ini, MGID berperan dalam mengoptimasi hasil lintas format antara native, display, dan video dalam satu penempatan untuk tujuan monetisasi.

Di sisi lain, MGID juga menyirkulasi ulang konten internal dan eksternal guna meningkatkan jumlah pengunjung dan memperkuat ikatan pemirsa, "Jadi, kami ingin menjadi mitra terbaik untuk pertumbuhan dan keterlibatan audiens bagi penerbit," tambah Sara Buluggiu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya