Ilmuwan Cari Tahu Bagaimana Dunia Terlarang Bisa Terbentuk

Planet yang mengorbit Katai Merah.
Sumber :
  • Katherine Cain

VIVA Tekno - Para ilmuwan telah menemukan sistem planet dengan dunia terlarang yang dapat menulis ulang kisah tentang bagaimana planet tersebut terbentuk.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Benda luar angkasa ini merupakan planet raksasa gas yang besar, mirip dengan Jupiter. Tapi bintangnya adalah katai merah, empat kali ukuran Jupiter itu sendiri.

Para ilmuwan sebelumnya berpikir bahwa bintang sekecil itu tidak mungkin mampu menghuni planet besar yang mengandung gas, melansir dari situs Independent, Jumat, 24 Februari 2023.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

“Bintang induknya, TOI-5205, hanya berukuran sekitar empat kali ukuran Jupiter, namun entah bagaimana berhasil membentuk planet seukuran Jupiter yang cukup mengejutkan,” kata Shubham Kanodia, dari Carnegie Institution for Science yang memimpin penelitian tersebut.

Raksasa gas sebelumnya telah terbentuk di sekitar bintang kerdil M semacam ini. Tetapi bintang yang baru ditemukan itu lebih muda dan memiliki massa yang lebih rendah. Para ilmuwan menamai planet ini TOI 5205b, sesuai nama bintang yang mengorbitnya.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

“Keberadaan TOI-5205b memperluas apa yang kita ketahui tentang piringan tempat planet-planet ini lahir,” kata Kanodia.

Proxima Centauri, bintang katai merah.

Photo :
  • U-Report

Pada awalnya, jika tidak ada cukup bahan batuan di piringan untuk membentuk inti awal, maka planet raksasa gas tidak dapat terbentuk. Dan pada akhirnya, jika piringan menguap sebelum inti masif terbentuk, maka planet raksasa gas tidak dapat terbentuk. Namun TOI-5205b terbentuk terlepas dari pagar pembatas ini.

“Berdasarkan pemahaman nominal kami saat ini tentang pembentukan planet, TOI-5205b seharusnya tidak ada itu adalah planet 'terlarang'," imbuhnya.

TOI 5205b pertama kali ditemukan sebagai planet potensial oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite atau TESS NASA, yang mencari tanda penurunan cahaya saat planet melintasi bintangnya, yang dikenal sebagai 'transit'. 

TOI 5205b terkenal karena kesamaan relatif dalam ukuran antara planet dan bintangnya, yang berarti menghalangi sekitar tujuh persen cahaya dan merupakan salah satu transit terbesar yang diketahui.

Para ilmuwan kemudian memeriksanya dengan lebih banyak teleskop dan memastikan bahwa itu adalah sebuah planet dan memiliki ukuran yang dianggap mustahil.

Sekarang para peneliti berharap untuk melakukan lebih banyak penelitian di dunia menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru saja diluncurkan. Persinggahan yang sangat besar mengartikan bahwa pengamatan tersebut harus sangat bermanfaat dan membantu menjelaskan komposisinya, serta kisah kelahirannya yang tidak biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya