Twitter Lakukan PHK yang ke-8, Why Elon Musk?

CEO Twitter Elon Musk.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno  – Media sosial Twitter kembali dikabarkan melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) terhadap karyawannya pada Sabtu kemarin, memengaruhi tim teknik yang mendukung aplikasi utama, iklan, dan infrastruktur teknis yang membuat sistem Twitter tetap aktif dan berjalan.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Pemecatan putaran kedelapan yang dilakukan perusahaan Elon Musk itu mencapai 50 karyawan, menurut situs Sputniknews, Selasa, 28 Februari 2023.

Perusahaan memberhentikan 50 persen staf pada bulan November setelah Musk mengeluh tentang "penurunan pendapatan yang sangat besar" mengikuti tuduhan penyensoran. Staf Twitter dilaporkan menyusut 70 persen menjadi sekitar 2.000 sejak saat itu.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Peristiwa ini memengaruhi Esther Crawford, Kepala Eksekutif Pembayaran Twitter yang mengawasi langganan verifikasi Twitter Blue.

Crawford dan sebagian besar tim produk yang tersisa diberhentikan akhir pekan ini, membuat banyak orang berspekulasi bahwa Musk sedang membersihkan rumah untuk mendekorasi ulang dengan rezim baru.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

PHK terjadi setelah karyawan Twitter menyadari bahwa mereka telah dihentikan dari penggunaan Slack. Meskipun belakangan diketahui bahwa Twitter tidak membayar tagihan Slack tepat waktu, itu bukan alasan mengapa platform tersebut turun.

Ilustrasi Twitter.

Photo :
  • Alex Castro

Platformer melaporkan bahwa seseorang di Twitter secara manual mematikan akses. Banyak karyawan khawatir bahwa ini adalah tanda PHK yang akan datang di mana seluruh perusahaan terputus dari mode komunikasi utama mereka karena PHK mulai berjatuhan seperti bom yang menyebabkan kebingungan dan kepanikan di mana-mana.

“Slack hilang jadi tidak ada yang tahu apa yang sedang terjadi,” tulis salah satu postingan di Blind , sebuah platform anonim untuk pekerja terverifikasi.

“Orang-orang menerima email jam 2 pagi pada hari Sabtu dan akses segera dipotong. Ini akan turun sebagai salah satu PHK paling ekstrem dalam seluruh sejarah perusahaan,” lanjutnya.

Unggahan tersebut merinci tingkat PHK yakni 50 persen dalam hubungan manusia, 60 persen dalam penjualan dan pemasaran, 35 persen dalam teknik, 40 persen dalam keuangan dan 80 persen dalam manajemen proyek. 

Karyawan telah menerima pesangon satu bulan. Twitter belum menanggapi permintaan komentar, juga tidak merilis pernyataan publik tentang PHK. Laporan The Information juga mencatat bahwa platform memulai putaran PHK ini dengan melepaskan staf penjualan iklannya pada 17 Februari.

Seorang manajer produk senior, Martijn de Kuijper, men-tweet bahwa dia mengetahui tentang kekurangan pekerjaannya sendiri setelah dikunci dari akun emailnya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya