Pabrik Apple Kebakaran, Produksi Dihentikan

Kebakaran besar (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra

VIVA Tekno  – Pemasok Apple, Foxlink telah menghentikan produksi di fasilitas perakitannya di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan, setelah kebakaran besar yang menyebabkan sebagian bangunan runtuh pada Senin kemarin, kata dua pejabat pemerintah setempat.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Foxlink adalah sebuah unit dari Cheng Uei Precision Industry Co Ltd Taiwan, membuat kabel untuk pengisi daya iPhone. Perusahaan mendirikan pabrik di Andhra pada tahun 2020.

Kebakaran terjadi pada sore hari dan merusak sekitar 50 persen mesin di pabrik tersebut, kata J Ramanaiah, yang memimpin Departemen Pemadam Kebakaran untuk distrik Tirupati di negara bagian tersebut.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Dampak bisnis pada Apple dan akar penyebab insiden tersebut belum diketahui. Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar. Seorang pejabat Foxlink juga tidak menanggapi panggilan untuk meminta komentar.

Api sudah bisa dikendalikan dan tidak ada korban jiwa, kata Ramanaiah. Dia menunjukkan foto dan video tentang kebakaran pabrik dengan mesin yang hangus di dalam pabrik dan kelompok pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Video dan foto menunjukkan gumpalan asap besar membubung dari pabrik. mengutip dari situs The Star, Selasa, 28 Februari 2023.

Apple iPhone 14 Pro

Photo :
  • Phonearena.com

"Manajemen telah menyampaikan kepada kami bahwa mereka memperkirakan kerugian sekitar 1 miliar rupee (Rp182 miliar) dari insiden tersebut," kata Ramanaiah.

Apple yang berbasis di Cupertino, California telah bertaruh besar di India sejak mulai merakit iPhone di negara tersebut pada tahun 2017 melalui Wistron dan kemudian dengan Foxconn, sejalan dengan dorongan pemerintah India untuk manufaktur lokal.

Mereka memiliki beberapa mitra pemasok lain di India, dengan Foxlink menjadi salah satunya. Padahal Apple baru-baru ini meningkatkan kapasitas produksinya di negara Bollywod itu meskipun menghadapi banyak tantangan di sana.

Karena Apple ingin mengurangi ketergantungannya pada China, perusahaan tersebut telah berinvestasi lebih banyak pada pemasoknya yang berlokasi di negara lain termasuk India, Taiwan bahkan Brasil. 

Apple untuk pertama kalinya merakit semua model iPhone 14 baru di India. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu juga perlahan-lahan membawa produksi suku cadang iPad dan AirPods ke negara tersebut.

Namun sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa Apple tidak senang dengan kualitas produk yang dirakit di India. Sumber telah mengungkapkan bahwa 50 persen casing iPhone yang dibuat di sana telah ditolak oleh Apple, sedangkan di China, angka tersebut mendekati 0 persen.

Masih ada optimisme bahwa perusahaan India akan beradaptasi dengan permintaan Apple di masa depan, tetapi menggantikan China sebagai pemasok utamanya bukanlah tugas yang mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya