Kecanduan Belanja Online Sebabkan Lebih Banyak Paus Mati, Kok Bisa?

7 Paus terdampar di New York, AS.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Tekno  – Kecanduan belanja online berkontribusi pada lonjakan kematian paus baru-baru ini, menurut laporan The New York Times. Sejak awal Desember, 23 paus telah terdampar mati di sepanjang Pantai Timur, menurut data Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) yang diberikan kepada The Times. 

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Menurut laman Science Alert, Rabu, 1 Maret 2023, kematian mereka disebabkan oleh berbagai faktor, baik lingkungan maupun akibat campur tangan manusia.

NOAA telah melacak 'peristiwa kematian yang tidak biasa' di antara populasi paus bungkuk Pantai Atlantik sejak 2016. Lonjakan kematian paus baru-baru ini –termasuk paus bungkuk, paus minke, dan paus sikat Atlantik Utara, yang terancam punah– mendorong NOAA Fisheries untuk mengatasi krisis.

Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

Lauren Gaches, Direktur Urusan Publik NOAA mengatakan bahwa perubahan iklim sebagian menjadi penyebab jumlah paus yang mati karena pemanasan lautan menyebabkan ikan yang mereka makan bergerak lebih dekat ke pantai.

"Kami melihat banyak populasi dari spesies laut beradaptasi dengan pindah ke daerah baru yang kondisinya lebih baik," kata Gaches.

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Mengubah distribusi mangsa berdampak pada spesies laut yang lebih besar, yang bergantung padanya. Hal ini dapat meningkatkan interaksi dengan manusia karena beberapa paus bergerak lebih dekat ke habitat dekat pantai.

Artinya saat beberapa paus mencari mangsa, mereka bergerak ke jalur kapal kargo, yang semakin besar dan semakin banyak selama tiga tahun terakhir.

Belanja Online

Photo :
  • Tokopedia

Lonjakan belanja online yang dimulai selama pandemi telah menyebabkan peningkatan kapal kargo yang mengangkut barang-barang tersebut melintasi Atlantik ke Pelabuhan New York dan New Jersey.

Kapal-kapal itu menjadi lebih besar dari sebelumnya untuk membawa lebih banyak kontainer pengiriman, juga mengambil rute baru dalam upaya menghindari kemacetan jalur pelayaran seperti di tahun-tahun sebelumnya, menurut The Times.

Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey melihat peningkatan volume sebesar 27 persen tahun lalu dibandingkan dengan level 2019, dan lalu lintas pengiriman di sepanjang Pantai Timur telah meningkat karena kapal mulai melakukan perjalanan bolak-balik untuk mengambil peti kemas kosong

Meski NOAA telah mengusulkan batas kecepatan yang dapat memberi paus waktu untuk menyingkir dari jalur kapal yang melaju, tetapi faktanya paus akan selalu mengikuti makanan mereka.

Tabrakan dengan kapal dapat menyebabkan luka dalam akibat trauma benda tumpul, dan baling-balingnya dapat menimbulkan luka yang besar. Dua paus yang terdampar mati di sepanjang Pantai Atlantik bulan ini ditemukan tertabrak kapal.

Ini bukan pertama kalinya para ahli memperingatkan tentang kapal yang membahayakan populasi paus. Setahun yang lalu, para ilmuwan mulai meminta kapal kargo untuk mulai mengubah rute guna melindungi paus biru yang terancam punah yang hidup di lepas pantai Sri Lanka.

Mediterranean Shipping Company, jalur peti kemas terbesar di dunia, memenuhi permintaan tersebut dan kelompok kesejahteraan hewan mengatakan pada saat itu jika perusahaan lain mengikuti, itu dapat mengurangi pemogokan kapal hingga 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya