Chairman Smartfren: Teknologi Metaverse adalah Masa Depan

Chairman Smartfren Franky Osman Widjaja.
Sumber :
  • Dok. Smartfren

VIVA Tekno – PT Smartfren Telecom Tbk memberikan dukungan penuh terbentuknya Indonesia Metaverse Collaboration Initiative (IMCI) yang bertujuan mempercepat pengembangan ekosistem metaverse di Tanah Air.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Chairman Smartfren Franky Osman Widjaja meyakini berkembangnya teknologi metaverse juga berpotensi mengantarkan Smartfren mampu melayani publik lebih baik di masa depan.

“Operator telekomunikasi saat ini tidak hanya berperan sebagai enabler saja, tapi juga sebagai co-creator. Kami percaya bahwa teknologi metaverse akan terus berkembang sebagai salah satu layanan di masa depan seperti sebuah ungkapan bahwa cara terbaik untuk memperkirakan masa depan adalah menciptakannya,” kata dia, dalam sambutannya di Mobile World Congress (MWC) 2023 Barcelona, Spanyol, Kamis, 2 Maret 2023.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Lebih jauh Franky juga merasa senang dengan terbentuknya IMCI sebagai wahana pengembangan ekosistem metaverse di Indonesia, bahkan berharap di masa mendatang penerapannya dapat mendukung upaya memperkuat sektor pangan berkelanjutan, berikut memfasilitasi gerakan menaikkelaskan UMKM.

Indosat Bawa Oleh-oleh dari Barcelona

Kantor Pusat Smartfren.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

Ia menyatakan bahwa Smartfren siap bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam IMCI. Dalam inisiatif ini, Smartfren beserta operator telekomunikasi lainnya dan komunitas digital di Indonesia akan melakukan kolaborasi bersama dalam sebuah program yang disebut Metaverse Research and Experience Center (MREC).

Jalur penelitian akan meliputi 4 bidang, antara lain network baselining, network innovation & optimization, metaverse use case & experience serta metaverse ecosystem support. Sementara jalur pengembangan dari aspek experience akan meliputi showcase dan capacity building.

Sebagai sebuah program nasional, MREC mengadopsi model kerja sama dengan lintas pihak, antara pemerintah dengan sektor swasta yang menempatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai sponsor, Telkom University sebagai penyelenggara dan koordinator, sementara partner collaborator berasal dari lingkup industri serta pelaku ekosistem yang berkontribusi langsung dalam penelitian.

Inisiatif dan program akan menjadi instrumen kunci untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Promosi pertumbuhan ekonomi, memutakhirkan pengajaran dan pelatihan, membina kreativitas dan inovasi, perbaikan konektivitas sosial dan mempromosikan identitas nasional.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya