Memikat Konsumen Lewat E-Commerce

Ilustrasi E-Commerce.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA Tekno – Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Pesatnya pertumbuhan e-commerce membuatnya digadang-gadang sebagai penopang ekonomi Tanah air di tengah ancaman resesi 2023.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), nilai transaksi e-commerce di Indonesia terus mengalami kenaikan signifikan sejak pandemi Covid-19.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Nilai transaksi e-commerce di 2020 sebesar Rp266 triliun, lalu melesat menjadi Rp401 triliun pada 2021, kemudian mencapai Rp476,3 triliun di tahun lalu. BI juga memperkirakan total nilai transaksi e-commerce pada tahun ini akan senilai Rp572 triliun.

Sementara itu, laporan We Are Social mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212,9 juta pada Januari 2023. Ini berarti sekitar 77 persen dari populasi telah menggunakan internet.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Jumlah pengguna internet pada Januari 2023 lebih tinggi 3,85 persen dibanding satu tahun lalu. Pada Januari 2022, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 205 juta jiwa.

Lebih lanjut, rata-rata orang Indonesia menggunakan internet selama 7 jam 42 menit setiap hari, serta 98,3 persen pengguna memakai smartphone.

E-commerce.

Photo :
  • BusinessLIVE

Kepala Eksekutif Infobrand Susilowati Ningsih mengapresiasi keberhasilan brand yang memiliki official store atau official shop di e-commerce karena melihat peluang dalam mengoptimalkan penjualan produk maupun jasa.

Ia mengatakan, ada beberapa manfaat sebuah brand memiliki official store, di antaranya membuat brand lebih mudah dicari, membuat tampilan toko lebih menarik sehingga lebih mendapatkan kepercayaan pelanggan, sampai dapat mengakses data penjualan.

"Kami melihat brand yang memiliki official store berhasil meningkatkan kinerja penjualan. Ini sangat penting karena dapat menambah kepercayaan konsumen," kata dia, dalam keterangan resminya, Sabtu, 4 Maret 2023.

Ilustrasi platform marketplace.

Photo :
  • Square

Menjawab perkembangan tersebut maka penghargaan 'Top Official Store Award' digelar. Brand-brand yang masuk sebagai 500 'Top Official Store Award 2023' merupakan hasil seleksi dari lebih 9.700 official store di Indonesia berdasarkan prestasi kinerja mereka di marketplace yang dilakukan pada September hingga November 2022.

Dari total official store terriset di dua marketplace teratas terdapat 9.700 official store. Dari akumulasi transaksi official store tersebut tercatat ada sebanyak 376,6 juta transaksi, dengan ulasan transaksi mencapai 326,7 juta ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,87 dari 5.

"Setelah dilakukan proses penilaian, ada 500 official store peraih 'Top Official Store Award 2023', di antaranya Philips Lighting, Bumbu Bunda Elia, Century Healthcare," ungkap Kepala Eksekutif Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya