Menangkap Peluang Pasar dengan Algoritma 'Machine Learning'

Machine learning.
Sumber :
  • Search Engine Journal

VIVA Tekno – Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) saat ini telah berkembang pesat, di mana mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Untuk itu, Telkomsel dan Microsoft bekerja sama mengintegrasikan kecerdasan buatan demi mendukung platform pemasaran.

Direktur Pemasaran Telkomsel Derrick Heng mengatakan pihaknya akan mengintegrasikan Azure AI ke platform pemasaran operator telekomunikasi milik Telkom Indonesia tersebut.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

"Kami ingin meningkatkan keterlibatan konsumen dan kepuasan pelanggan. Integrasi Azure AI ke platform pemasaran Telkomsel akan membuat mereka bisa menganalisis data supaya bisa menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan," kata Heng, melalui konferensi pers virtual, Senin, 6 Maret 2023.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Direktur Pemasaran Telkomsel Derrick Heng.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Keduanya juga akan menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform pemasaran Telkomsel dengan menggabungkan teknologi natural language processing yang dapat menganalisis data dan menghasilkan masukan yang bisa membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan jika Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning dari kecerdasan buatan milik mereka untuk menganalisis data, natural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, serta analisis prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.

"Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan," tutur Dharma.

Microsoft

Photo :
  • No Camels

Ia meyakini penggunaan kecerdasan buatan (AI) bisa membantu mereka memberikan pengalaman yang lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digital.

"Eksplorasi, uji coba, dan pengembangan inovasi teknologi terkini untuk menghadirkan layanan digital serta pengalaman terbaik akan terus dilakukan melalui solusi layanan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya