Keanu Reeves Pembunuh yang Efektif

Keanu Reeves.
Sumber :
  • Instagram/johnwickmovie

VIVA Tekno – Tak hanya terkenal di dunia film dan hiburan, nama aktor Keanu Reeves ternyata juga terkenal di kalangan para saintis.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Para ilmuwan di Jerman menemukan senyawa jamur pembunuh yang efektif dan sangat mematikan sehingga mereka menamakannya "Keanumycins", diambil dari nama aktor tersebut.

"Lipopeptida membunuh dengan sangat efisien sehingga kami menamainya dengan Keanu Reeves karena dia juga sangat "mematikan" dalam perannya," kata rekan penulis studi Sebastian Götze, seorang peneliti di Institut Leibniz Jerman untuk Penelitian Produk Alami dan Biologi Infeksi, dalam sebuah pernyataan, melansir New York Post.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi bakteri dan virus.

Photo :
  • Physics World
Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Nah, pekan lalu, Keanu Reeves hadir di acara Reddit Ask me Anything untuk mempromosikan film terbarunya, "John Wick: Chapter 4". Saat itu seorang penggemar bertanya kepadanya tentang Keanu, si fungisida.

“(Peneliti) dari Jerman menemukan senyawa alami yang diproduksi oleh beberapa jenis (bakteri) yang sangat efektif membunuh jamur, mereka menamainya dengan nama Anda: Keanumycins. Apa pendapatmu tentang itu?” seorang pengguna bertanya.

Aktor 58 tahun itu menanggapi dengan rasa terima kasih kepada para ilmuwan, mengatakan itu "sangat keren" dan "sangat nyata".

“Mereka seharusnya menyebutnya John Wick, tapi itu cukup keren, dan nyata bagi saya. Tapi terima kasih, para ilmuwan! Semoga berhasil, dan terima kasih telah membantu kami,” tulis Reeves menanggapi melalui akun Reddit Lionsgate.

Keanumycins, ditemukan bulan lalu, ternyata efektif melawan penyakit jamur tanaman dan jamur patogen manusia.

Senyawa molekul yang ditemukan pada bakteri yang disebut lipopeptida, dapat memberikan alternatif ramah lingkungan untuk pestisida kimia, menurut penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di Journal of American Chemical Society. Keanumycins juga biodegradable dan tidak berbahaya bagi tanaman.

Para peneliti menguji bakteri Keanu pada hydrangea yang terinfeksi Botrytis cinerea, hama tanaman yang memicu busuk jamur abu-abu dan umumnya menginfeksi buah dan sayuran dan akhirnya menyebabkan kerusakan panen.

Ditemukan bahwa bakteri dipengaruhi oleh pembusukan jamur karena menghambat pertumbuhan jamur.

Mereka juga menguji senyawa tersebut terhadap jamur yang berbahaya bagi manusia, seperti Candida albicans, dan menemukan bahwa bakteri mematikan tersebut menghambat jamur dan aman bagi manusia.

Film John Wick

Photo :
  • johnwickthemovie.com

“Kami mengalami krisis anti-infeksi. Banyak jamur patogen manusia sekarang kebal terhadap antimycotics (antijamur), sebagian karena mereka digunakan dalam jumlah besar di lahan pertanian,” kata Götze.

Infeksi jamur telah menjadi topik besar dalam budaya pop akhir-akhir ini berkat serial HBO "The Last of Us", yang menunjukkan bahwa infeksi jamur sulit diobati, tetapi bukan tidak mungkin.

Bakteri senama Keanu Reeves adalah "kandidat struktur timbal yang baik untuk pengembangan obat antijamur," dan bisa menjadi kandidat potensial baru untuk antijamur, yang permintaannya tinggi karena hanya ada sedikit obat melawan infeksi jamur yang tersedia.

Para peneliti akan melakukan pengujian lebih lanjut terhadap keanumycins.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya