Paus Punya Kesamaan dengan Kim Kardashian

Ilustrasi ikan paus.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Paus bergigi dan lumba-lumba diketahui berburu menggunakan ekolokasi. Hal itu membuat mereka membutuhkan oksigen yang menjadi sangat berharga di kedalaman.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Sebuah studi baru mengungkapkan solusi yang digunakan paus ternyata mirip dengan tren gaya bicara orang Amerika. Manusia memiliki tiga register untuk berbicara atau bernyanyi.

Ada suara 'dada' di mana itu merupakan suara normal kita. Kemudian ada falsetto yang memungkinkan kita untuk melempar jauh di atas jarak biasanya dan vocal fry di mana suaranya diperdalam atau terdengar serak.

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Sampai saat ini pemendekan lipatan vokal untuk menciptakan suara serak vokal adalah yang paling langka tetapi telah dipopulerkan oleh selebriti seperti Kim Kardashian dan Scarlett Johannsen.

Pelatih suara telah memperhatikan, bahkan orang-orang yang sebelumnya tidak menggunakan vocal fry telah mulai menggunakannya, mungkin untuk menunjukkan bahwa mereka santai atau selaras dengan audiens.

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

Seperti kelelawar, paus bergigi mengeluarkan suara dan mendengarkan gelombang suara yang dipantulkan untuk menemukan mangsa atau mendeteksi rintangan.

Makanan langka di kedalaman hingga dua kilometer (1,2 mil), yang diketahui dapat dijangkau oleh paus bergigi, dan sinyal paus perlu menyapu area yang luas.

Kim Kardashian

Photo :
  • Youtube Late Late Show With James Corden

Sebuah tim yang dipimpin oleh Profesor Coen Elemans dari University of Southern Denmark telah menunjukkan bahwa benih vokal versi cetacea adalah kunci bagaimana mereka mengelolanya.

Para penulis dibuat bingung dengan rentang vokal paus karena frekuensi tertinggi yang mampu dimiliki seekor paus adalah lebih dari 10 ribu kali.

Suara yang cocok untuk berburu di kedalaman sangat berbeda dari spesies seperti yang digunakan orca untuk berkomunikasi di antara mereka di permukaan.

Selama 40 tahun diketahui bahwa paus mengeluarkan suara dengan menggerakkan udara melalui saluran hidungnya, bukan laring seperti kebanyakan mamalia.

Mereka mengembangkan lipatan di hidung yang dikenal sebagai 'bibir phonic' yang serumit pita suara kita untuk kontrol frekuensi. Namun demikian, banyak dari bagaimana mereka melakukan ini telah menjadi misteri.

Cara ideal untuk mempelajari komunikasi paus mungkin melibatkan cara hewan tersebut berenang melalui mesin MRI untuk mengamati gerakan internal.

Para peneliti memanfaatkan tag yang merekam suara lumba-lumba, pesut, dan spesies paus yang lebih kecil saat mereka berenang, merekamnya jika memungkinkan.

Butuh hampir sepuluh tahun hanya untuk mengembangkan teknik yang diperlukan untuk mengetahui bagaimana suara dibuat, termasuk meniupkan udara melalui saluran hidung lumba-lumba pelabuhan yang mati.

Eksperimen ini menunjukkan bahwa lumba-lumba dan kerabatnya tidak mengontrol waktu klik individu, melainkan menyesuaikan tekanan udara di saluran hidung dan ketegangan di bibir phonic mereka untuk menghasilkan tingkat klik yang sesuai.

Paus

Photo :
  • Pixabay

Tim tersebut mengamati keberadaan tiga register, yang mereka bandingkan dengan persamaan manusia, meskipun peneliti tidak yakin apakah kesamaan tersebut adalah konvergensi evolusioner atau diwariskan dari manusia dan nenek moyang paus.

Sebelumnya, hanya manusia dan gagak yang terbukti memiliki register yang berbeda. Register dapat dibedakan dalam bentuk gelombang rekaman suara untuk spesies paus atau lumba-lumba dan dalam mengamati bibir fonik serta punggung yang menyertai cetacea di mana ini dapat terlihat.

Ketiga register diproduksi menggunakan bibir fonik dan saluran hidung, bukan laring. Ini adalah register terendah, sesuai dengan suara vokal manusia yang membuat bunyi klik digunakan dalam ekolokasi.

"Selama vokal fry, lipatan vokal hanya terbuka untuk waktu yang sangat singkat dan oleh karena itu hanya membutuhkan sedikit udara untuk menggunakan register ini," kata Elemans dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya itu sifat yang sangat berguna ketika paus tidak akan muncul ke permukaan untuk waktu yang lama. Selain itu, seperti yang dicatat oleh penulis pertama Peter Madsen dari Universitas Aarhus, selama penyelaman yang dalam, semua udara dikompresi menjadi sebagian kecil dari volume di permukaan.

Paus menghasilkan hingga 700 klik ekolokasi per detik dan vocal fry memungkinkan mereka melakukan ini menggunakan kurang dari 50 mikroliter udara per klik.

Tanpa efisiensi yang luar biasa ini, paus akan buta di bawah kedalaman sekitar 100 meter (328 kaki). Sebaliknya, hewan memiliki akses ke sumber makanan yang hanya bisa dijangkau oleh beberapa predator lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya