Begini Cara Menyeimbangkan Karir dan Rumah Tangga

Ilustrasi perempuan dan teknologi.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 1977. Hari tersebut diperingati sebagai bentuk penghargaan terhadap perempuan dan sebagai perjuangan dalam menyuarakan kesetaraan gender di seluruh dunia.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Melansir dari laman United Nations, Hari Perempuan Internasional adalah hari pengakuan dunia terhadap prestasi mereka tanpa memandang perpecahan, baik nasional, etnis, bahasa, budaya, ekonomi atau politik.

Majelis Umum PBB selanjutnya mengadopsi resolusi dan memproklamirkan Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional untuk diperingati setiap hari dalam satu tahun oleh negara-negara anggota sesuai dengan tradisi masing-masing.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Sejak saat itu, PBB terus mengusahakan untuk menyuarakan kesetaraan gender di mata dunia. Di mata Kepala Eksekutif Grant Thornton Indonesia Johanna Gani, kunci utama dalam menyeimbangkan karir dan rumah tangga adalah dengan menentukan prioritas. Baginya, prioritas utama tetaplah keluarga.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

"Dengan menentukan prioritas, kita akan lebih disiplin dalam melakukan segala aktivitas dan tanggung jawab yang kita miliki. Temukan juga support system Anda, karena kita sebagai perempuan dan seorang manusia tidak bisa melakukan semuanya sendiri," kata dia, Rabu, 8 Maret 2023.

Ketimpangan gender dalam dunia kerja seringkali juga disebabkan adanya stereotip gender, di mana perempuan sering dianggap tidak memiliki kapasitas atau kemampuan yang sama dengan laki-laki.

Tidak hanya itu, perempuan juga dihadapkan dengan pilihan menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga, di mana kemampuan perempuan dianggap sebelah mata karena dianggap dinilai tidak strategis karena dianggap terlalu rentan posisinya di dalam sebuah perusahaan.

Human Capital Director Grant Thornton Indonesia Emme Tarigan mengungkapkan kelebihan seorang perempuan adalah kemampuannya untuk berperan ganda menjadi tidak ada lagi pakem yang mengharuskan bahwa perempuan hanya bisa menjadi seorang ibu rumah tangga atau menjadi wanita karir saja.

"Cara untuk menunjukkannya, terutama dalam dunia kerja, adalah dengan menampilkan kemampuan work excellence dengan membangun rasa percaya diri dan bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaan yang diberikan," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya