Google Punya Program untuk Anak Muda agar Jago TI, Dapat Uang Rp46 Juta

Kantor Google.
Sumber :
  • Politico

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Google menyediakan empat program sertifikasi yang bisa diikuti anak muda, termasuk mereka yang tinggal di Indonesia, untuk meningkatkan kemampuan pada bidang teknologi informasi (TI).

Kisah Inspiratif Armaya Doremi, Pengusaha Muda Indonesia di Amerika

Google mengatakan kesempatan untuk mengikuti program sertifikasi tetap terbuka meskipun tidak memiliki latar belakang ilmu TI.

Empat program yang bisa diikuti untuk mengasah keterampilan TI itu adalah Bangkit, Google Career Certificates, Google Developers Students Club, dan Developers Students Club Solution Challenge.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Bangkit

Akademi karier Bangkit adalah kemitraan Google dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka, yang ditawarkan melalui program Kampus Merdeka.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Diperkenalkan sejak 2020, Bangkit menawarkan topik pembelajaran antara lain machine learning, mobile development, dan cloud computing. Program Bangkit telah menghasilkan lebih dari 4.700 lulusan dan puluhan proyek terbaik menerima dana inkubasi sebesar masing-masing Rp140 juta.

Google Career Certificates

Merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google. Melalui inisiatif itu, Google berupaya membantu masyarakat Indonesia siap menghadapi era digitalisasi dan mendapatkan pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan di bidang TI.

Sejak diperkenalkan pada 2021, GCC telah memberikan belasan ribu beasiswa untuk mengasah keterampilan dan belajar ilmu TI. Program sertifikasi itu sepenuhnya dilakukan secara online sehingga peserta dapat mengakses video, bacaan, dan tugas pelatihan kapan saja dan di mana saja melalui web atau mobile.

Google Developers Students Club

Adalah kelompok komunitas berbasis universitas untuk mahasiswa yang tertarik dengan teknologi pengembang Google untuk membantu mereka menciptakan aplikasi kelas dunia.

Mahasiswa dari semua program sarjana atau pascasarjana yang berminat menjadi pengembang dapat mengikuti program ini. Mahasiswa bisa mengembangkan pengetahuan mereka dalam lingkungan pembelajaran dengan teman sejawat dan membangun solusi untuk bisnis lokal dan komunitas mereka. Google membuka untuk GDSC mulai 1 April 2023.

Setiap universitas dapat merancang program secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing, termasuk lokakarya dan gelar wicara soal teknologi yang akan mendapatkan dukungan berupa mentoring dari Google.

Developers Students Club Solution Challenge

Komunitas ini membuka program singkat Google Solution Challenge (GSC) untuk membangun solusi bagi masalah lokal menggunakan teknologi Google, sesuai dengan satu atau beberapa dari 17 Sustainable Development Goals (SDG).

Google membuka pendaftaran pada 17-31 Maret 2023, tiga tim terbaik akan mendapatkan uang tunai sebesar US$3.000 (Rp46 juta), sertifikat, dan bimbingan dari para pakar.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya