Perang Luar Angkasa Terjadi Lagi, Jeff Bezos Vs Elon Musk

Jeff Bezos vs Elon Musk.
Sumber :
  • South China Morning Post

VIVA Tekno - Amazon bersiap untuk meluncurkan satelit internet pertamanya pada paruh pertama tahun 2024, bergabung dengan SpaceX dalam perlombaan untuk menyediakan layanan internet broadband secara global. 

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Unit internet satelit perusahaan yang dinamakan 'Project Kuiper' berencana untuk memproduksi satelit pertamanya akhir tahun ini, dengan total lebih dari 3.000 satelit yang akan diluncurkan di orbit rendah Bumi di tahun-tahun mendatang.

Perusahaan yang didirikan Jeff Bezos itu ingin menguji satelit dengan pelanggan komersial pada tahun 2024 dan memproduksi satelit tiga sampai lima dalam sehari untuk memenuhi permintaan guna meluncurkan setengah jaringan Kuiper pada tahun 2026.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Dengan lebih dari US$10 miliar nilai yang diinvestasikan dalam jaringan Kuiper, keahlian Amazon dalam elektronik konsumen memberikan keunggulan atas pesaing seperti SpaceX milik Elon Musk yang sudah memiliki sekitar 4.000 satelit di luar angkasa.

Satelit Starlink.

Photo :
Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Amazon berencana untuk meluncurkan sepasang satelit prototipe pada tahun 2023, diikuti oleh peluncuran satelit produksi awal pada tahun 2024 menggunakan roket yang dibeli dalam beberapa tahun terakhir.

Langkah Amazon untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi ke area dengan sedikit atau tanpa konektivitas ini akan meningkatkan akses ke pendidikan, bisnis, dan komunikasi pribadi, menurut laman Gizmochina, Kamis, 16 Maret 2023.

Meski rencana Amazon untuk meluncurkan jaringan internet satelitnya sendiri merupakan perkembangan yang menarik, hal itu juga menimbulkan kekhawatiran tentang potensi puing-puing ruang angkasa.

Dengan ribuan satelit yang direncanakan akan diluncurkan, para ahli telah memperingatkan tentang peningkatan risiko tabrakan dan terciptanya sampah antariksa yang dapat menimbulkan ancaman bagi pesawat antariksa lain dan bahkan astronot. 

Karena itu, penting bagi Amazon dan perusahaan lain untuk memprioritaskan praktik luar angkasa yang bertanggung jawab dan bekerja dengan badan pengatur untuk mengurangi risiko ini dan memastikan keberlanjutan aktivitas luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya