Fakta-fakta BreachForums, E-Commerce Tempat Hacker Bjorka Jual Data Ilegal

Peretas atau hacker berhasil membobol data pribadi.
Sumber :
  • BankInfoSecurity

VIVA Tekno – Tersiar kabar bahwa pemilik 'e-commerce' tempat para hacker kelas dunia menjajakan hasil peretasannya, BreachForums, ditangkap FBI. Ini diketahui sebagai platform tempat Bjorka menjual data pribadi hasil membobol.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Lalu, apa itu BreachForums? Menurut data yang diolah VIVA Tekno pada Senin, 20 Maret 2023, itu adalah tempat jual-beli data ilegal yang didapatkan dari hasil meretas.

Forum didirikan oleh Conor Brian Fitzpatrick atau yang juga dikenal dengan nama samaran Pompompurin. Dia merupakan anggota senior dari RaidForums, pendahulu BreachForums yang saat ini telah lenyap.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Pria usia 21 tahun itu ditangkap di New York, Amerika Serikat (AS). Tidak hanya membuat dan mengoperasikan forum peretas, dia juga menawarkan layanan 'Middle man' di mana Pompompurin akan membantu peretas dengan memfasilitasi penjualan kebocoran data, juga merahasiakan identitas pembeli dan penjual.

Hacker ini terlibat dalam sejumlah kejahatan dunia maya, di antaranya seperti peretasan yang mengirimkan ribuan peringatan keamanan dunia maya palsu dari alamat email FBI.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Pesan Hacker Bjorka kepada Kominfo.

Photo :
  • Breached Forums/Bjorka

Kemudian, pelanggaran Infragard, program berbagi informasi FBI yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang ancaman fisik dan digital terhadap organisasi pemerintah dan perusahaan independen.

Lalu, Bleeping Computer di mana Pompompurin terhubung dengan pelanggaran Robinhood 2021 yang mengungkap informasi jutaan pengguna. Terakhir kebocoran data pengguna Twitter dan alamat email pada November 2022.

"Saat saya menangkap terdakwa pada 15 Maret 2023, dia menyatakan kepada saya secara substansi dan sebagian bahwa namanya Conor Brian FitzPatrick, nama aliasnya 'pompourin' dan dia adalah pemilik dan administrator BreachForums," kata FBI.

Pompompurin keluar dengan jaminan US$300.000 atau Rp4,6 miliar yang ditandatangani oleh orang tuanya dan dijadwalkan untuk hadir di Pengadilan Distrik Timur Virginia pada 24 Maret.

Meskipun FBI belum memberikan pernyataan, Intelligence X, mesin pencari keamanan dan arsip data, mengklaim bahwa pada 3 Januari 2023, mereka menemukan Pompompurin membual tentang pendaftaran akun di platform dan mereka telah meneruskan semua detailnya termasuk Alamat IP, VPN, dan ID Email, ke FBI.

Baphomet telah menggantikan posisi Pompompurin di Breachforums, membenarkan penangkapannya.

"Saya berasumsi bahwa dia tidak akan kembali, jadi saya akan mengambil alih kepemilikan forum. Saya memiliki sebagian besar, bahkan hampir semua akses yang diperlukan untuk melindungi infrastruktur dan pengguna BF," tulisnya di BreachForums.

9_MmAunS0Jg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya