Ini Wajah Pemilik BreachForums, Rumah Hacker Bjorka Jual Data Ilegal

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Pemilik dari BreachForums, Conor Brian Fitzpatrick atau yang juga dikenal dengan nama samaran Pompompurin, resmi ditangkap FBI. Itu adalah platform berkumpulnya para hacker untuk menjajakan data ilegal hasil peretasan.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Seorang pengguna Twitter, @LD_PRELOAD membagikan sosok yang diduga sebagai Pompompurin. Akun tersebut mengatakan bahwa gambar itu diambil dari Facebook ibunya, dikutip pada Selasa, 21 Maret 2023.

Pria berusia 21 tahun itu keluar dengan jaminan US$300.000 atau Rp4,6 miliar yang ditandatangani oleh orang tuanya dan dijadwalkan untuk hadir di Pengadilan Distrik Timur Virginia pada 24 Maret.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Pompompurin telah dikaitkan dengan beberapa pelanggaran, di antaranya seperti menargetkan FBI. Salah satu contohnya terjadi pada tahun 2021 ketika dia mengaku bertanggung jawab atas penipuan menggunakan alamat email FBI.

Selain itu, dia juga diduga terlibat dalam pelanggaran Infragard, merupakan program yang dijalankan oleh FBI yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman fisik dan digital terhadap organisasi pemerintah dan perusahaan swasta.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Penangkapan Fitzpatrick dan dugaan keterlibatannya dalam komunitas peretasan online BreachForums menjadi penting karena menyoroti ancaman berkelanjutan yang ditimbulkan oleh penjahat dunia maya dan potensi kerusakan yang dapat ditimbulkannya.

BreachForums telah dikaitkan dengan berbagai serangan dunia maya profil tinggi yang menargetkan banyak organisasi pemerintah dan perusahaan swasta.

Ini termasuk pada serangan hacker Bjorka yang bertubi-tubi terhadap perusahaan dan pemerintah Indonesia di forum tersebut.

Dugaan keterlibatan Pompompurin dalam serangan ini, mengartikan bahwa perlunya kewaspadaan berkelanjutan dalam menghadapi lanskap ancaman dunia maya yang terus berkembang.

BreachForums akan terus beroperasi, bahkan setelah penangkapan pemiliknya terdapat pengumuman kepemilikan baru yang menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut. Potensi pelanggaran selanjutnya dan kebocoran data tetap menjadi perhatian yang signifikan bagi individu dan organisasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya