Fakta-fakta Terbaru Hacker Bjorka

Hacker Bjorka merilis data pribadi yang diduga milik Rafael Alun Trisambodo.
Sumber :
  • Bjorka

VIVA Tekno – Nama hacker Bjorka kembali muncul dengan menjual 19 juta data yang diduga milik BPJS Ketenagakerjaan di forum Breached dan juga membocorkan data pribadi yang diduga milik eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. 

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Selain itu, juga diisukan akan berhenti menjual data ilegal hasil retasannya lantaran pemilik BreachForums tampatnya menjual data telah ditangkap. Berikut ini fakta-fakta selengkapnya tentang Bajorka. 

1. Asal-usul nama Bjorka

Februari-Maret 2024, Satgas PASTI Blokir 537 Pinjol Ilegal

Cover album Bjork Utopia (kiri) dan avatar Twitter hacker Bjorka (kanan).

Photo :
  • Pinterest Myler Edson

Hacker Bjorka kemungkinan memiliki ketertarikan dengan penyanyi asal Reykjavik, Islandia bernama Bjork Gudmundsdottir. Hal itu bisa dilihat dari foto profil yang digunakannya. Ia menggunakan sampul album Bjork bertajuk Fossora yang rilis pada Agustus 2022. Ada kemungkinan juga bahwa penamaan hacker ‘Bjorka' terinspirasi dari Bjork. 

Pembangkangan Terhadap UU Telekomunikasi, Pengusaha Ilegal Ini Diancam Hukuman Pidana

2. Bakal berhenti jual data ilegal 

Akun Twitter hacker Bjorka.

Photo :
  • Twitter @bjorkanism

BreachForums yang diyakini sebagai sebuah tempat populer kejahatan dunia maya di mana beberapa database terbesar di dunia diretas secara teratur dan muncul untuk dijual di platform tersebut.

Platform kejahatan dunia maya itu bahkan menjadi tuan rumah dan memfasilitasi penjualan sejumlah pelanggaran data bernilai tinggi. Namun, kini pemiliknya diketahui telah ditangkap sehingga ada kemungkinan sang hacker akan berhenti menjual data ilegal. 

Namun, belum diketahui secara pasti apakah Hacker Bjorka tetap akan 'mengusik' pemerintah atau memilih untuk menghilang bak ditelan Bumi.

3. Retas data BPJS Ketenagakerjaan

Hacker Bjorka.

Photo :
  • Twitter @bjorkanism

Hacker Bjorka belum lama ini diketahui menjual 19 juta data yang diduga milik BPJS Ketenagakerjaan di forum Breached pada Minggu, 12 Maret 2023. Adapun ada sebanyak 5GB jumlah data yang dikompres, sebelum dikompers 1GB, dengan total data 19.564.922. 

Data tersebut terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, email, nomor ponsel, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, tempat bekerja dan lain-lain.

4. Bocorkan data pribadi mantan pejabat pajak

Hacker Bjorka.

Photo :

Hacker tersebut juga membocorkan data pribadi yang diduga milik mantan pejabat pajak yakni Rafael Alun Trisambodo. Bjorka membagikan data tersebut melalui saluran Telegram yang terdiri dari nomor ponsel, email, nama, jenis kelamin, NIK, KK, alamat, agama, status pernikahan, pendidikan, nama ayah, nama ibu, kendaraan dan ID vaksin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya