4 Teori Mengenai Hacker Bjorka, Benarkah Orang Indonesia?

Akun Twitter Hacker Bjorka ditangguhkan lagi.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Tekno – Hacker yang menggemparkan jagat media sosial Indonesia dengan unggahannya, kembali muncul "kepermukaan". Namun, berita kali ini datang dari "bos” Bjorka.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Baru-baru ini, FBI menangkap 'tuan rumah' dari forum tempat hacker Bjorka mengungkapkan kebocoran data. Seorang pria ditangkap di New York, AS yang diyakini sebagai administrator BreachForums.

Forum itu diyakini sebagai tempat populer kejahatan dunia maya di mana beberapa database terbesar di dunia diretas secara teratur dan muncul untuk dijual di platform tersebut.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Hacker Bjorka.

Photo :
Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Hacker yang beroperasi menggunakan nama Bjorka beberapa bulan ini memang sedang naik daun dan mendapatkan sorotan publik. Pasalnya, Bjorka mengunggah deretan data yang ia klaim sebagai data rahasia milik pemerintah Indonesia.

Diketahui, Bjorka telah mengunggah beberapa data yang diduga adalah data penduduk Indonesia yang terdaftar di KPU, data pribadi Menkominfo Johnny Gerard Plate, hingga sederet data lainnya.

Meski Bjorka mendapat banyak pendukung, tak sedikit netizen yang curiga dan membeberkan beberapa teori mengenainya. 

Bjorka Warga Indonesia

Hacker Bjorka sindir pegiat media sosial Denny Siregar

Photo :
  • Twitter

Meski kerap menggunakan bahasa Inggris saat melakukan aksinya, namun banyak netizen yang curiga bahwa Bjorka sebenarnya adalah orang Indonesia.

Kecurigaan datang saat dari seorang aktivis dan influencer media sosial, khususnya Twitter, Denny Siregar yang datanya diduga dibobol oleh Bjorka. Kecurigaan Denny muncul karena Bjorka tahu kehadirannya meski ia menggadang dirinya sebagai peretas internasional.

Yang gua heran, ngakunya hekker internasyinel. Tapi kok tau Denny Siregar?” tulis Denny Siregar dalam cuitannya.

Ini apa gua yang terlalu terkenal sampe ke internasyinel atau dianya yang orang lokal?” tambah Denny Siregar. 

Setelah ditanya pasal itu, Bjorka pun hingga kini tak menjawab. 

Selain itu, beberapa netizen menilai bahwa tata bahasa Inggris yang digunakan Bjorka dinilai aneh. Lebih mirip dengan ketikan warga lokal.

Melihat lexicon (collections of words) yang dipakai Bjorka, saya cukup yakin bahwa dia adalah orang Indonesia. Penggunaan double conjuction “because since” setelah tanda ttitik “.” ini adalah tipikal khas orang Indonesia untuk menulis B.Inggris dengan style ‘Indoglish’” tebak salah seorang warganet. 

Kedua, banyak yang percaya bahwa sebenarnya Bjorka "hanya" sebuah pengalihan isu dari berita besar lainnya, yang ingin ditutup-tutupi.

Hal ini sempat dibahasi di medsos TikTok oleh netizen, membagikan video yang membahas teori soal siapa itu Bjorka. Menurutnya, jika dilihat dari profil Bjorka di forum bridge, Bjorka bergabung di forum tersebut masih terhitung baru, pada Agustus 2022.

Lalu, jika melihat dari data-data yang disebarkan oleh Bjorka pun menurutnya aneh karena itu merupakan data-data dari Indonesia. Mulai dari surat BIN, lalu e-commerce, data dari KPU, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat Bjorka dicurigai adalah orang dalam.

Kalau kita lihat thread-nya, ini yang diserang agak aneh. Karena data yang disebarkan data dari Indonesia,” kata pembuat video tersebut, yang membuat beberapa orang percaya.

"Saya curiga nih sebenarnya, curiganya kenapa, jangan-jangan dia bukan hacker tapi dia adalah orang dalam. Jangan-jangan dia ini orang Indonesia juga yang sedang pengalihan isu,” lanjutnya.

Anggota Ferdy Sambo CS

Akun Twitter baru Bjorka, @bjorkapipa.

Photo :
  • Twitter @bjorkapipa

Dugaan "liar" lainnya dari warganet yaitu bahwa Bjorka adalah salah satu anggota Mantan Kadiv Propam Porli Ferdy Sambo. Hal ini karena saat kasus mengenai Ferdy Sambo dan kepolisian Indonesia tengah hangat, Bjorka pun muncul.

Jangan terlalu bertepuk tangan pada Bjorka. Bisa jadi itu serangan balik geng sambo untuk saling sandera,” tulis salah seorang warganet di Twitter.

Menurutnya, kasus Ferdy Sambo perlahan menghilang dari mata publik usai sosok Bjorka muncul dengan kontroversinya. 

Pengalihan Isu Pemilu

Nah, teori terakhir yang dirangkum VIVA, adalah Bjorka sebagai pengalihan isu Pemilihan Umum (pemilu) yang akan diselenggarakan 2024 mendatang. 

Mengingat, mendekati musim pemilu tak jarang para pemain politik selalu memerlukan taktik permainan. “Bisa juga sebenarnya Bjorka dijadikan alibi nunda pemilu,” tebak salah satu netizen.

Dari keempat teori tersebut, mana yang kamu percaya?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya