Telkomsel Uji Jaringan di Jalur Mudik, Segini Jarak Tempuhnya

Kendaraan pemudik melintasi jalur pantura di Jalan Klari, Karawang, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA Tekno – Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran tahun ini mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Telkomsel telah memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama Ramadhan dan Idul Fitri sekarang. Untuk trafik layanan data/broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2 persen dibandingkan hari biasa.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023, seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20 persen, serta layanan streaming video tumbuh 15,6 persen.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Lalu, layanan mobile gaming naik 32,4 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 7 persen. Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5 persen serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh 7,1 persen.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Menara BTS Telkomsel.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Kemudian, sebagai upaya antisipasi pergerakan trafik selama momen Lebaran tahun ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya.

Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 kilometer juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Suasana arus mudik di jalan tol Semarang-Solo pada H-3 Lebaran.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel, yakni menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps.

Adapun, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone/ponsel pintar.

"Momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini terasa penuh makna seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan masyarakat beraktivitas pascapandemi COVID-19 yang sudah mereda. Kami berharap bisa mendorong semangat kebaikan yang penuh kehangatan," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, melalui konferensi pers virtual, Selasa, 21 Maret 2023.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya