Bill Gates Teriak Minta Dana Pandemi

Bill-Gates-Dukung-Transformasi-Kesehatan
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenkes

VIVA Tekno  – Mencegah pandemi seperti Covid-19 membutuhkan respons seperti saat menghadapi kebakaran, dengan menyiapkan petugas pemadam kebakaran. Hal itu diutarakan oleh miliarder Bill Gates, yang mengatakan bahwa para ahli serta pejabat kesehatan masyarakat nasional harus memimpin upaya ini.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

“Kita perlu bersiap untuk melawan wabah penyakit seperti halnya kita bersiap untuk melawan kebakaran,” tulis Gates dalam opini New York Times yang diterbitkan pada hari Minggu kemarin. Ini berarti sistem yang didanai dengan baik akan siap beraksi pada saat itu juga ketika bahaya muncul.

Dia mendukung upaya WHO untuk membuat jaringan pemimpin darurat kesehatan teratas yang disebut Korps Darurat Kesehatan Global. Korps profesional dari setiap negara dan wilayah ini perlu didanai dengan baik dan dapat dikerahkan untuk menanggapi ancaman transnasional, tulis Gates. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Organisasi semacam itu diusulkan dalam bukunya tahun 2022, 'How to Prevent the Next Pandemic'. Gates menyebutnya sebagai Global Epidemic Response and Mobilization (GERM). Orang kaya itu menentukan ukuran dan pendanaannya pada 3.000 orang dan tambahan US$1 miliar dalam anggaran WHO.

“Agar berhasil, Korps Darurat harus membangun jaringan pakar yang ada dan dipimpin oleh orang-orang seperti kepala badan kesehatan masyarakat nasional dan pimpinan mereka untuk tanggap epidemi,” imbuhnya dikutip dari situs Russian Today, Rabu, 22 Maret 2023.

WHO: Jika Pasien RS Al Shifa Gaza Tak Dievakuasi, Maka Akan Ada Lebih Banyak Kematian

Bill Gates memakai blangkon

Photo :
  • Instagram/@thisisbillgates

Menurut Gates, pandemi tahun 2020 adalah kegagalan kolektif untuk mempersiapkan pandemi meskipun banyak peringatan. Yayasannya sendiri menyelenggarakan  latihan kesiapsiagaan pandemi pada Oktober 2019, yang dijuluki 'Peristiwa 201' dan berputar di sekitar virus corona baru yang mengglobal. 

Universitas Johns Hopkins yang menjadi tuan rumah bersama acara tersebut, kemudian dipaksa untuk mengklarifikasi bahwa latihan tersebut tidak ada hubungannya dengan pandemi virus corona yang sebenarnya.

“Dunia harus mengambil tindakan sekarang untuk memastikan Covid-19 menjadi pandemi terakhir, dan salah satu langkah terbesar yang dapat kita lakukan adalah mendukung pakar kesehatan utama dunia –WHO– dan berinvestasi di Korps Darurat Kesehatan Global," kata Gates.

Salah satu pendiri Microsoft itu telah menginvestasikan kekayaan perangkat lunaknya ke Bill and Melinda Gates Foundation, menghabiskan jutaan dolar untuk mempromosikan kampanye vaksinasi dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi. 

Gates juga menghabiskan jutaan dolar untuk memperoleh lahan pertanian di AS, dan untuk  mendorong energi hijau dan sumber makanan alternatif. Dalam sebuah wawancara bulan lalu, dia mengkritik raja SpaceX, Elon Musk karena mendanai program luar angkasa untuk menjajah Mars, mengatakan uang itu akan lebih baik dihabiskan untuk vaksin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya